kebutuhan antara individu yang satu dengan yang lain itu berbeda​

Berikut ini adalah pertanyaan dari dksimpron737 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Kebutuhan antara individu yang satu dengan yang lain itu berbeda​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

brainly

Cari...

ownrk

31.07.2018

IPS

Sekolah Menengah Pertama

terjawab

Sebutkan beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan tiap individu berbeda.

1

LIHAT JAWABAN

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawaban terverifikasi ahli

sma / smk ekonomi kelompok peminatan ilmu pengetahuan sosial untuk sma/ma kelas x

Jawaban dari

Ekonomi Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMA/MA kelas X

Jawaban 1.1 Evaluasi B Pertanyaan 8 Ekonomi Kelas 10 halaman 41

Petunjuk Pengerjaan

Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Contohnya seperti kebutuhan anak sekolah dan kuliah berbeda dengan kebutuhan pekerja. Contoh lainnya orang yang tinggal di daerah pesisir akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang di daerah pegunungan.

Penjelasan Soal

Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Contohnya seperti kebutuhan anak sekolah dan anak kuliah tentunya berbeda dengan kebutuhan seorang pekerja. Contoh lainnya orang yang tinggal di daerah pesisir akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang di daerah pegunungan. Terdapat lima faktor yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang yaitu:

Usia. Usia sangatlah berpengaruh pada jenis kebutuhan setiap individu atau kelompok. dengan bertambahnya usia, maka kebutuhan individu akan ikut bertambah juga. Contohnya seperti kebutuhan anak sekolah yang akan berbeda dan mengalami peningkatan ketika ia sudah bekerja.

Keadaan alam. Keadaan alam juga berpengaruh pada perbedaan kebutuhan setiap individu. Dengan begitu seseorang akan memilih atau menyeleksi sebuah kebutuhan yang sesuai dengan kondisi geografis atau keadaan alam tempat tinggalnya.

Profesi atau pekerjaan. Perbedaan profesi yang berarti adanya sebuah perbedaan kebutuhan hidup akan pekerjaannya. Misalnya kebutuhan dokter dengan arsitek berbeda. Yang dimana dokter membutuhkan stetoskop, sedangkan arsitektur membutuhkan alat teknis untuk merancang bangunan.

Agama. Agama juga memengaruhi perbedaan kebutuhan. Biasanya kebutuhan ini digunakan sebagai penunjang atau sarana peribadatan. Contohnya seperti umat Islam yang membutuhkan sajadah dan mukena. Umat Katolik yang membutuhkan salib dan Rosario.

Tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan tiap individu juga memengaruhi perbedaan kebutuhannya. Seorang Individu yang memiliki tingkat pendapatan tinggi akan memilih barang mewah sebagai kebutuhan utamanya karena dianggap memiliki kualitas lebih baik.

LANJUT MEMBACA

Disukai komunitas kami

90 orang merasa terbantu

author link

vjpn

Pakar

159 jawaban

103.9 rb orang terbantu

Keadaan alam. Keadaan alam membuat kebutuhan orang berbeda. Seperti orang yang tinggal di daerah dingin membutuhkan pakaian yang tebal sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai cenderung membutuhkan pakaian yang tipis dan pendek.

Jenis kelamin. Kebutuhan perempuan dan laki-laki tentu saja berbeda. Seperti dalam hal pakaian. Perempuan cenderung suka mengenakan asesoris pada tubuhnya.

Profesi. Perbedaan profesi tentu saja membuat kebutuhannya juga berbeda. Seperti kebutuhan seorang akuntan berbeda dengan kebutuhan seorang manajer.

Keinginan. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Setiap manusia pasti berbeda keinginannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh promosi produk tertentu dan terpengaruh teman.

Agama. Perbedaan agama membuat kebutuhan juga berbeda. Seperti perbedaan pakaian ibadah dan sarana ibadah.

Gengsi. Sifat manusia selalu tidak ingin kalah dengan orang-orang di sekitarnya. Jadi, misalnya ada suatu trend di masyarakat, maka setiap orang pasti akan berlomba untuk menjadi yang tergengsi.

Adat istadat. Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Hal ini tentu membuat kebutuhan seseorang berbeda. Seperti perbedaan kebutuhan akan pesta perkawinan di beberapa daerah.

Tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan juga membuat kebutuhan setiap orang berbeda. Yang berpendapatan tinggi cenderung suka membeli barang mewah dengan harga yang cukup mahal. Sedangkan orang yang berpendapatan rendah hanya mampu membeli kebutuhan hidup sehari-harinya.

Usia. Contohnya adalah kebutuhan akan susu. Biasanya susu untuk orang remaja yang berguna untuk pertumbuhannya berbeda dengan kebutuhan orang yang lanjut usia untuk menghindari osteoporosis.

Hobi. Perbedaan hobi tentu saja membuat kebutuhan berbeda-beda. Penghobi tanaman hias tidak mungkin membutuhkan makanan kucing kecuali jika mereka juga penghobi kucing.

semoga membantu

mmaf klo salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh watiw1227 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 06 Dec 22