Apa yang melatarbelakangi perbedaan era insdustri dan sebutkan ciri2nya (era

Berikut ini adalah pertanyaan dari gloryjhsadvent9829 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang melatarbelakangi perbedaan era insdustri dan sebutkan ciri2nya (era industri 1.0 sd 4.0)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan era industri dilatarbelakangi oleh seiring berkembangnya ilmu, pemikiran manusia, serta teknologi. Setiap era memiliki ciri-cirinya masing-masing, seperti era 1.0 yang diawali dengan mesin uapdanpertama kalinya kegiatan produksi dalam jumlah besar, era 2.0 yang berfokus pada efisiensi mesin di setiap linidanmulai ditemukannya bensin, era 3.0 yang merupakan era dimulainya digitalisasidankemajuan teknologi komputer, serta era 4.0 berupa pengembangan teknologi lebih lanjutdanmunculnya teknologi baru yang tidak pernah ada sebelumnya.

Pembahasan

Revolusi IndustriatauIndustrial Revolution merupakan perubahan besar-besaran yang terjadi dalam dunia industri karena munculnya perkembangan teknologi dalam mengelola sumber daya, sehingga menjadikan setiap prosesnya jauh lebih efektif dan efisien dari sebelumnya.

Era-era Industri

1. Industri 1.0 (1760-1840)

Era ini terjadi pada abad ke-18. Penemuan mesin uap oleh James Watt menjadikan awal terjadinya era ini sehingga membawa perubahan besar di berbagai sektor. Seiring berjalannya waktu, mesin uap berkembang pula di berbagai industri, seperti pertanian, pertambangan, transportasi, hingga manufaktur untuk menggantikan tenaga manual. Penemuan-penemuan dalam era Industri 1.0 adalah mesin uap, kereta uap, dan sistem produksi.

2. Industri 2.0 (1870-an)

Industri 2.0 terjadi setelah era 1.0 berakhir pada awal abad ke-19. Era ini berfokus pada efisiensi mesin di setiap lini atau assembly line proses produksi karena telah ditemukannya tenaga listrik. Pada saat itu, tenaga listrik dinilai lebih efektif dan efisien untuk menggantikan tenaga manusia serta Penemuan-penemuan di era ini adalah penemuan arus AC dan DC listrik, alat telekomunikasi, dan proses produksi massal.

3. Industri 3.0 (1970-an)

Era industri ini terjadi pada awal abad ke-20 yang dipicu oleh berkembangnya mesin-mesin pintar seperti komputer dan software yang perlahan menggantikan peran manusia di lapangan. Komputer mulai menggantikan peran manusia, seperti mengirimkan dokumen, membuat catatan keuangan, dan menghitung formula yang rumit. Penemuan-penemuan dalam era ini adalah teknologi komputer dan internet, serta perangkat lunak (software).

4. Industri 4.0

Era ini sedang kita jalani sekarang, di mana terdapat pengembangan teknologi lebih lanjut, contohnya internet yang berkecepatan tinggi, komputerisasi, kecerdasan buatan (AI), dan masih banyak lainnya. Teknologi ini juga menciptakan konektivitas antara manusia-data-mesin. Penemuan-penemuan adalah IIoT (Big Data Internet of Things), AR (Smart Manufacturing Augmented Reality (AR), dan Cyber Security.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang ringkasan era industri 4.0 pada yomemimo.com/tugas/18235515

#SolusiBrainlyCommunity

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh UlyaaTfh dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 16 Jul 23