Berikan contoh konflik nyata di Indonesia dan jelaskan secara rinci

Berikut ini adalah pertanyaan dari irvan655 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh konflik nyata di Indonesia dan jelaskan secara rinci mulai dari pendekatan, pengukuran dan strategi pengelolaan konfliknya!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh konflik sosial yang ada di Indonesia, Konflik sosial antara etnis Dayak dan Madura pada akhir tahun 2000 hingga Februari 2001 menelan korban 500 orang Madura, serta lebih dari 100.000 jiwa dari mereka mengungsi keluar dari wilayah Sampit.

Pada akhirnya, strategi penyelesaian konflik Sampit dapat terjadi berkat tindakan dari pemerintah dengan cara mengevakuasi warga, dengan terus meningkatkan keamanan, mengadakan rehabilitasi mental, dan menangkap para provokator yang selama ini menjadi sumber penyebab terjadinya konflik.

Pembahasan:

Pengelolaan konflik berarti manajemen konflik yang merupakan proses untuk mengelola konflik dengan cara menyusun strategi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki konflik sehingga mendapatkan resolusi konflik yang diinginkan. Sementara itu, dalam sudut pandang demokrasi, manajemen konflik berbicara mengenai bagaimana konflik ini dapat segera ditangani.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang mengelola konflik dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/5100037

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 31 Jan 23