Pada harga 6.000 Rp jumlah penawaran 10 kg dan pada

Berikut ini adalah pertanyaan dari AniLaily9951 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pada harga 6.000 Rp jumlah penawaran 10 kg dan pada saat harga 8.000 penawaran sebanyak 20kg hitunglah fungsi penawaran tsb

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia untuk dijual pada suatu harga tertentu. Fungsi penawaran adalah hubungan matematis antara jumlah penawaran dan harga suatu barang atau jasa. Dalam hal ini, kita memiliki dua titik data harga dan penawaran, yaitu:

(6.000, 10) dan (8.000, 20)

Untuk menentukan fungsi penawaran, kita bisa menggunakan metode regresi linear. Ini membutuhkan kita untuk membuat garis yang terbaik menjelaskan hubungan antara harga dan penawaran.

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan persamaan garis linear sebagai berikut:

Q = a + bP

di mana:

Q = jumlah penawaran

P = harga

a dan b adalah parameter garis linear yang harus ditemukan.

Dengan menggunakan dua titik data yang kita miliki, kita bisa menemukan nilai a dan b dengan menggunakan metode persamaan matematis.

Setelah menyelesaikan persamaan, kita akan mendapatkan fungsi penawaran sebagai berikut:

Q = -2000 + 4P

Ini adalah fungsi penawaran dalam hal harga dan jumlah penawaran yang tersedia. Fungsi ini menunjukkan bahwa ketika harga naik sebesar satu unit, jumlah penawaran akan naik sebesar 4 unit. Sebaliknya, ketika harga turun sebesar satu unit, jumlah penawaran akan turun sebesar 4 unit.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hendisptra dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 12 May 23