Bagaimanakah peran dan tindakan pemerintah agar mampu meratakan tingkat harga

Berikut ini adalah pertanyaan dari ichacasraw7202 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimanakah peran dan tindakan pemerintah agar mampu meratakan tingkat harga diseluruh wilayah Indonesia?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jawaban pada penjelasan yaa

Penjelasan:

Pemerintah dapat melakukan beberapa tindakan untuk meratakan tingkat harga di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya:

  1. Menjaga stabilitas harga dengan mengatur permintaan dan penawaran melalui kebijakan fiskal dan moneter. Misalnya, pemerintah dapat mengatur tingkat suku bunga atau mengeluarkan uang baru untuk meningkatkan permintaan agar harga tidak terlalu tinggi.
  2. Mendorong produktivitas dan efisiensi di sektor produsen, seperti dengan memberikan dukungan keuangan atau bantuan teknis kepada produsen agar mampu meningkatkan produksi dan menurunkan biaya produksi. Ini akan menurunkan harga barang dan jasa yang ditawarkan.
  3. Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, karena perubahan nilai tukar dapat mempengaruhi harga barang impor dan ekspor.
  4. Menjaga kestabilan harga bahan pokok dengan mengatur pasokan dan permintaan, seperti dengan mengimpor bahan pokok jika dibutuhkan atau mengeluarkan kebijakan subsidi harga bahan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu.
  5. Menciptakan pasar yang kompetitif dengan memberikan akses yang sama bagi semua produsen dan pelaku bisnis untuk berpartisipasi dalam pasar. Ini akan menurunkan harga barang dan jasa karena persaingan yang sehat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Farnm23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Apr 23