2. Bagaimana keputusan yang diambil oleh monopolis dalam menentukan slope

Berikut ini adalah pertanyaan dari sitinurulnurjan1146 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

2. Bagaimana keputusan yang diambil oleh monopolis dalam menentukan slope permintaan dari pasar monopoli baik harga maupun outputnya? Berikan alasannya!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Keputusan yang dibuat oleh monopolis dalam memutuskan slope permintaan dari pasar monopoli baik harga ataupun output yaitu dengan menganalisa kurva permintaan untuk produknya. Kurva tersebut menunjukkan jumlah barang yang bersedia dibeli konsumen dalam berbagai harga. Setelah itu, Monopolis menganalisa kurva biayanya untuk memutusakan harga yang cocok untuk menghasilkan keuntungan paling banyak.

Pembahasan

Monopoli merupakan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha. Tidak adanya pesaing membuat monopoli sebagai pemusatan kekuatan pasar di satu pelaku usaha atauun satu kelompok pelaku usaha, jika ada pelaku usaha pesaing tetapi peranannya kurang berarti, maka pasarnya bersifat monopolistis.

Jenis pasar yang bersifat monopoli tersebut hanya ada satu penjual, maka penjual tersebut bisa menentukan sendiri berapa jumlah barang ataupun jasa yang ingin dijual, atau berapa jumlah barang yang ingin dijual berdasarkan kepada keuntungan yang ingin diperoleh sehingga penjual akan menetapkan harga yang membuat keuntungan tertinggi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang perbedaan monopoli dengan praktek monopoli pada yomemimo.com/tugas/51535917

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 31 Jan 23