1. ada empat argumentasi/ alasan mengapa manusia percaya bahwa tuhan

Berikut ini adalah pertanyaan dari sebastiangerald3347 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. ada empat argumentasi/ alasan mengapa manusia percaya bahwa tuhan itu ada. sebutkan dan jelaskan secara singkat 3 alasan/argumentasi tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Argumen kosmologis adalah salah satu argumen yang paling sering digunakan dalam teologi dan filsafat. Argumen ini digunakan untuk membuktikan keberadaan Tuhan berdasarkan fakta dan klaim yang berkaitan dengan alam semesta.
  2. Argumen ontologis pertama kali diadopsi oleh St. Anselmus, Uskup Agung Canterbury, dan kemudian oleh Alvin Plantinga. “Tuhan ada selama secara logis mungkin baginya untuk ada. Argumen ini berani dalam kesederhanaannya. Ini tidak hanya menuntut iman kepada Tuhan, tetapi argumen ini juga menekankan iman akan kebutuhan makhluk ciptaan untuk memiliki Pencipta. Jika Anda percaya bahwa Tuhan dibutuhkan di dunia ini, Anda harus percaya bahwa Tuhan itu ada.
  3. Argumen dari Moralitas, debat ini secara teknis sah selama tiga poin di atas diterima. Namun, sebagian besar kritikus  menyangkal poin pertama sejak awal. Menurut mereka, moralitas tidak universal. Thomas Hobbes sendiri mengklaim bahwa moralitas didasarkan pada orang-orang yang hidup di sekitarnya. Oleh karena itu, moralitas bersifat subjektif.

Penjelasan:

Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara tentang sesuatu yang abstrak. Berbicara tentang dia juga berarti berbicara tentang agama dan semua doktrinnya. Di era yang dianggap terlalu dewasa untuk menggunakan teknologi untuk memahami banyak hal, ada banyak peluang bagi para ilmuwan untuk mengamati kebenaran lebih dekat.

Ada beberapa argumen yang dapat digunakan untuk Keberadaan Tuhan, yang dapat dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah diskusi apriori (berdasarkan alasan) dan yang kedua adalah diskusi ex-post (berdasarkan pengalaman).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Keberadaan Tuhan: yomemimo.com/tugas/8885426?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 10 Aug 22