Bagaimana keputusan yang diambil oleh monopolis dalam menentukan slope permintaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari MEDALION21521 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimana keputusan yang diambil oleh monopolis dalam menentukan slope permintaan dari pasar monopoli baik harga maupun output.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

keputusan yang diambil oleh monopolis dalam menentukan slope permintaan dari pasar monopoli baik harga maupun output mulai dengan melihat kurva permintaan untuk produknya. Kurva ini menunjukkan jumlah barang yang bersedia dibeli konsumen pada berbagai harga. Monopolis kemudian melihat kurva biayanya sendiri untuk menentukan harga berapa yang memungkinkannya menghasilkan keuntungan paling banyak.

Pembahasan

Monopoli adalah penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha.9 Dengan demikian, jenis pasar yang bersifat monopoli ini hanya terdapat satu penjual, sehingga penjual tersebut bias menentukan sendiri berapa jumlah barang atau jasa yang akan dijual, atau berapa jumlah barang yang akan dijual tergantung kepada keuntungan yang ingin diraih sehingga penjual akan menerapkan harga yang akan memberikan keuntungan tertinggi.

Tidak adanya pesaing menjadikan monopoli sebagai pemusatan kekuatan pasar di satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha, apabila ada pelaku usaha pesaing namun peranannya kurang berarti, sehingga pasarnya bersifat monopolistis. Tentunya karena pada kenyataannya monopoli sempurna jarang ditemukan, maka dalam praktiknya sebutan monopoli juga diberlakukan bagi pelaku yang menguasai bagian terbesar pasar.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang perbedaan monopoli dengan praktek monopoli pada yomemimo.com/tugas/51535917

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Feb 23