dua perusahaan memiliki fungsi permintaan P = a-bQ, dan memiliki

Berikut ini adalah pertanyaan dari nonaelvira09 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

dua perusahaan memiliki fungsi permintaan P = a-bQ, dan memiliki Marginal Cost, c, untuk masing-masing perusahaan, tentukanlah output individu perusahaan dan output total serta keuntungan perusahaan pada titik keseimbangan dengan model Cournot

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Model Cournot adalah model ekonomi yang menggambarkan persaingan antara dua perusahaan oligopoli yang saling bersaing dalam menentukan output yang akan dihasilkan. Dalam model ini, setiap perusahaan mempertimbangkan reaksi dari pesaingnya ketika menentukan outputnya sendiri.

Untuk menentukan output dan keuntungan perusahaan pada titik keseimbangan dengan model Cournot, langkah-langkah yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

Tentukan fungsi keuntungan (profit function) untuk masing-masing perusahaan. Fungsi keuntungan perusahaan i adalah:

π_i = (P - c_i)Q_i

dengan:

P adalah harga yang ditetapkan oleh pasar

c_i adalah biaya marjinal perusahaan i

Q_i adalah output yang dihasilkan oleh perusahaan i

Tentukan fungsi reaksi (reaction function) untuk masing-masing perusahaan. Fungsi reaksi perusahaan i adalah:

Q_i = (a - c_i - bQ_j) / 2b

dengan:

Q_j adalah output yang dihasilkan oleh perusahaan pesaing (j ≠ i)

Fungsi reaksi ini menggambarkan hubungan antara output yang dihasilkan oleh perusahaan i dengan output yang dihasilkan oleh perusahaan pesaing j. Dalam model Cournot, perusahaan mempertimbangkan reaksi pesaingnya ketika menentukan outputnya sendiri.

Tentukan titik keseimbangan (Nash equilibrium) dengan mencari titik potong antara fungsi reaksi masing-masing perusahaan. Titik keseimbangan adalah output individu perusahaan dan output total yang menghasilkan keuntungan maksimum untuk kedua perusahaan.

Hitung output individu perusahaan dan output total pada titik keseimbangan. Output individu perusahaan i pada titik keseimbangan adalah Q_i, sedangkan output total pada titik keseimbangan adalah Q = Q_1 + Q_2.

Hitung keuntungan perusahaan pada titik keseimbangan. Keuntungan perusahaan i pada titik keseimbangan adalah:

π_i = (a - b(Q_1 + Q_2) - c_i)Q_i

Sedangkan keuntungan total pada titik keseimbangan adalah:

π_total = π_1 + π_2

Dengan menggunakan fungsi permintaan P = a - bQ dan biaya marjinal c, kita dapat menghitung fungsi keuntungan dan fungsi reaksi masing-masing perusahaan. Setelah itu, dapat dicari titik keseimbangan dan output individu perusahaan, output total, dan keuntungan perusahaan pada titik keseimbangan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh anjanioktavianti823 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Aug 23