Jeni penyakit yang di ebabkan karena terlalu banyak el darah

Berikut ini adalah pertanyaan dari schellen712 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jeni penyakit yang di ebabkan karena terlalu banyak el darah putih dalam tubuh adalah.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

jawaban dan penjelasan:

Penyakit Penyebab Kelebihan Sel Darah Putih

Beberapa contoh penyakit yang bisa menyebabkan peningkatan sel darah putih adalah:

1. Alergi parah

Meningkatnya jumlah sel darah putih bisa dipicu oleh reaksi alergi. Itulah sebabnya, orang yang sedang menderita reaksi alergi parah bisa mengalami peningkatan jumlah sel darah putih.

2. Rheumatoid arthritis

Kelebihan sel darah putih bisa dipicu oleh penyakit rheumatoid arthritis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan peningkatan sel darah putih, tapi juga menyebabkan nyeri, bengkak, dan kemerahan di area sendi yang bermasalah.

3. Leukemia

Kelebihan sel darah putih bisa disebabkan oleh penyakit leukemia. Kondisi ini menyebabkan jumlah sel darah putih meningkat karena adanya gangguan pada sel di sumsum tulang yang berfungsi memproduksi sel darah.

4. Tuberkulosis

Peningkatan produksi sel darah putih juga bisa dipicu oleh penyakit tuberkulosis, yang disebabkan oleh bakteri Mycobaterium tuberculosis. Penyakit ini ditandai dengan gejala berupa batuk berkepanjangan (lebih dari 3 minggu), berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah.

5, Polistemia vera

Meski memicu peningkatan produksi sel darah merah secara berlebih, polisitemia vera juga bisa menyebabkan jumlah sel darah putih di atas normal. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan pada sumsum tulang dan lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita.

#semoga membantu#

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh simamoraxz96 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 05 Mar 23