Jelaskan tiga kondisi anggaran belanja pemerintah!

Berikut ini adalah pertanyaan dari ristanadya7983 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan tiga kondisi anggaran belanja pemerintah!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Anggaran belanja pemerintah adalah rencana pengeluaran pemerintah yang dibuat dalam satu periode tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Ada tiga kondisi anggaran belanja pemerintah yang dapat dijelaskan, yaitu sebagai berikut:

Anggaran Belanja Surplus

Anggaran belanja surplus terjadi ketika penerimaan pemerintah (pendapatan) lebih besar daripada pengeluaran pemerintah (belanja). Dalam kondisi ini, pemerintah memiliki surplus atau kelebihan anggaran yang dapat digunakan untuk membayar utang atau menambah simpanan. Selain itu, pemerintah juga dapat menggunakan anggaran surplus untuk meningkatkan belanja pada sektor-sektor prioritas, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Anggaran Belanja Defisit

Anggaran belanja defisit terjadi ketika pengeluaran pemerintah (belanja) lebih besar daripada penerimaan pemerintah (pendapatan). Dalam kondisi ini, pemerintah harus meminjam uang untuk menutupi kekurangan anggaran. Kondisi anggaran belanja defisit dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti adanya program-program pembangunan yang besar, penurunan pendapatan akibat krisis ekonomi, atau penurunan harga komoditas ekspor.

Anggaran Belanja Seimbang

Anggaran belanja seimbang terjadi ketika penerimaan pemerintah (pendapatan) sama dengan pengeluaran pemerintah (belanja). Dalam kondisi ini, pemerintah tidak memiliki surplus maupun defisit anggaran. Anggaran belanja seimbang dapat menjadi kondisi ideal karena menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam mengelola keuangan negara dengan baik. Namun, pada kenyataannya, anggaran belanja seimbang cukup sulit dicapai karena adanya berbagai faktor ekonomi dan sosial yang sulit diprediksi.

semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh adhaniel26 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 13 Aug 23