Berikan contoh penggunaan sistem pembayaran dengan BI-RTGS, SKNBI, Dan BI-SSS

Berikut ini adalah pertanyaan dari Musael09 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh penggunaan sistem pembayaran dengan BI-RTGS, SKNBI, Dan BI-SSS dalam kegiatan transaksi ekonomi.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berikut adalah contoh penggunaan sistem pembayaran dengan BI-RTGS, SKNBI, dan BI-SSS dalam kegiatan transaksi ekonomi:

  • BI-RTGS (Bank Indonesia Real Time Gross Settlement): sistem ini biasanya digunakan untuk transaksi besar seperti pembayaran tagihan pajak, transfer antarbank besar, dan pembayaran surat berharga. Contoh penggunaan BI-RTGS adalah ketika perusahaan melakukan pembayaran gaji karyawan secara masif melalui transfer antarbank besar.

  • SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia): sistem ini digunakan untuk transaksi dengan nominal kecil seperti pembayaran tagihan listrik, air, telepon, dan internet. Contoh penggunaan SKNBI adalah ketika seseorang membayar tagihan listrik bulanannya melalui transfer antarbank ke rekening perusahaan listrik.

  • BI-SSS (Bank Indonesia Scripless Securities Settlement): sistem ini digunakan untuk transaksi surat berharga tanpa menggunakan dokumen fisik seperti saham dan obligasi. Contoh penggunaan BI-SSS adalah ketika seseorang melakukan pembelian atau penjualan saham melalui perantara atau pialang saham dengan menggunakan sistem elektronik.

tolong jadikan jawaban tercerdas ya

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mlussyzain dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Aug 23