1. Jelaskan Sejarah pemikiran Ekonomi Kaum Perintis! 2. Jelaskan dasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari yosi733 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Jelaskan Sejarah pemikiran Ekonomi Kaum Perintis!2. Jelaskan dasar timbulnya aliran merkantilisme!
3. Jelaskan Teori kuantitas uang!
4. Jelaskan sejarah pemikiran Ekonomi kaum Fisiokrat!
5. Jelaskan tentang teori nilai!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Kaum perintis adalah kelompok pemikir ekonomi pada abad ke-18 yang memperjuangkan kebebasan ekonomi dan pasar bebas. Mereka menolak campur tangan pemerintah dalam urusan ekonomi dan memandang bahwa pasar akan berjalan dengan sendirinya tanpa perlu diatur oleh pemerintah. Beberapa tokoh penting dari kaum perintis adalah Adam Smith, David Ricardo, dan Thomas Malthus.
  2. Aliran merkantilisme muncul pada abad ke-16 hingga ke-18 dan didasarkan pada pandangan bahwa kekayaan suatu negara dapat diukur dari jumlah emas dan perak yang dimilikinya. Aliran ini memandang bahwa perdagangan internasional harus diatur sedemikian rupa sehingga negara dapat mengekspor lebih banyak barang daripada mengimpor, sehingga kekayaan negara akan bertambah. Aliran merkantilisme juga memandang bahwa pemerintah harus terlibat dalam urusan ekonomi untuk memastikan keberhasilan perdagangan internasional.
  3. Teori kuantitas uang adalah teori yang menyatakan bahwa jumlah uang yang beredar dalam suatu perekonomian berpengaruh terhadap tingkat inflasi. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh David Hume pada abad ke-18 dan kemudian dikembangkan oleh Irving Fisher pada awal abad ke-20. Menurut teori kuantitas uang, jika jumlah uang yang beredar meningkat lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi, maka harga barang dan jasa akan naik, sehingga terjadi inflasi. Sebaliknya, jika jumlah uang yang beredar meningkat lebih lambat daripada pertumbuhan ekonomi, maka harga barang dan jasa akan turun, sehingga terjadi deflasi.
  4. Kaum fisiokrat adalah kelompok pemikir ekonomi pada abad ke-18 yang memandang bahwa sumber kekayaan suatu negara berasal dari sektor pertanian. Mereka menolak campur tangan pemerintah dalam urusan ekonomi dan memandang bahwa pasar bebas akan mengatur sendiri harga-harga dan alokasi sumber daya. Beberapa tokoh penting dari kaum fisiokrat adalah Francois Quesnay dan Anne Robert Jacques Turgot.
  5. Teori nilai adalah teori yang mencoba menjelaskan bagaimana harga suatu barang atau jasa ditentukan. Terdapat beberapa teori nilai yang berbeda, namun salah satu teori nilai yang paling terkenal adalah teori nilai kerja yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurut teori ini, harga suatu barang atau jasa ditentukan oleh jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk memproduksinya. Semakin banyak tenaga kerja yang digunakan, maka semakin tinggi pula harga barang atau jasa tersebut. Teori nilai kerja kemudian dikritik oleh Karl Marx, yang menyatakan bahwa harga suatu barang atau jasa seharusnya ditentukan oleh jumlah waktu kerja yang dibutuhkan untuk memproduksinya, bukan hanya jumlah tenaga kerja.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh KamuNanyeak91919 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 19 Jul 23