Hutan merupakan wilayah yang luas dan ditumbuhi oleh berbagai jenis

Berikut ini adalah pertanyaan dari ucupmelati2 pada mata pelajaran SBMPTN untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Hutan merupakan wilayah yang luas dan ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan serta merupakan pemasok oksigen terbesar di permukaan bumi. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di tahun 2015 luas kawasan hutan di Indonesia mencapai 128 juta Hektar (Ha). Namun sayang, setiap tahunnya luasan ini terus berkurang, tak terkecuali dengan hutan di Jawa Barat. Anda telah mempelajari dua komponen lingkungan hidup yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Tugas Anda: a. Jelaskan pengertian komponen biotik dan abiotik dalam lingkungan hidup! b. Jelaskan jenis-jenis komponen abiotik yang terdapat pada hutan! (Jelaskan komponen yang ada secara umum ada pada hutan, dan tambahkan contoh spesifik sesuai ilustrasi pada soal) c. Jelaskan jenis-jenis komponen biotik yang terdapat pada hutan! (Jelaskan komponen yang ada secara umum ada pada hutan, dan tambahkan contoh spesifik sesuai ilustrasi pada soal)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Komponen abiotik adalah komponen yang tidak memiliki kehidupan, sedangkan komponen biotik adalah komponen yang memiliki kehidupan.

b. Komponen abiotik yang terdapat pada hutan antara lain:

  • Iklim, yaitu faktor cuaca dan iklim yang mempengaruhi tumbuhnya tumbuhan di hutan, seperti suhu, kelembaban, curah hujan, dan angin.
  • Tanah, yaitu lapisan di bawah permukaan bumi yang terdiri dari mineral, organisme, air, dan udara yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan di hutan. Contoh tanah di hutan adalah tanah gambut, tanah podzolik, dan tanah andisol.
  • Air, yaitu sumber kehidupan yang sangat penting bagi semua organisme di hutan. Air di hutan terdapat pada air permukaan, seperti sungai, danau, dan waduk, serta air tanah, seperti air bawah tanah.
  • Udara, yaitu gas yang terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan gas-gas lain yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk bernapas. Udara di hutan juga mengandung hormon yang disebut etilen yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.

c. Komponen biotik yang terdapat pada hutan antara lain:

  • Tumbuhan, yaitu organisme yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi matahari menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis. Tumbuhan di hutan dapat berupa pohon, perdu, semak, atau tumbuhan bawah. Contoh tumbuhan di hutan adalah pohon jati, pohon eboni, dan pohon sengon.
  • Hewan, yaitu organisme yang memiliki kemampuan untuk bergerak, merasakan, dan bereproduksi. Hewan di hutan dapat berupa hewan melata, hewan udara, atau hewan air. Contoh hewan di hutan adalah elang, kera, dan beruang.
  • Mikroorganisme, yaitu organisme yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, seperti bakteri, virus, dan jamur. Mikroorganisme di hutan berperan dalam mengurai sisa-sisa organik menjadi bahan yang dapat digunakan kembali oleh tumbuhan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh daffamahendra1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 31 Mar 23