Berikan contoh konflik modal produksi dalam perekonomian !!.

Berikut ini adalah pertanyaan dari puterika32201 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh konflik modal produksi dalam perekonomian !!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Konflik modal produksi dalam perekonomian terjadi ketika ada perbedaan pendapat atau perbedaan kepentingan antara pemilik modal (pemilik perusahaan) dan pekerja (buruh) tentang bagaimana modal produksi harus digunakan. Contoh konflik modal produksi dalam perekonomian yaitu :

Pemilik perusahaan ingin meningkatkan produktivitas dengan menambahkan mesin-mesin baru, sementara pekerja merasa khawatir akan kehilangan pekerjaan karena mesin-mesin tersebut akan menggantikan pekerjaan mereka.

Pemilik perusahaan ingin menurunkan upah pekerja untuk mengurangi biaya produksi, sementara pekerja merasa bahwa upah mereka sudah rendah dan tidak dapat menopang kebutuhan hidup mereka.

Pemilik perusahaan ingin mengambil keuntungan yang lebih besar dengan meningkatkan harga jual produk, sementara pekerja merasa bahwa hal ini akan menyebabkan konsumen mengurangi pembelian produk perusahaan.

Konflik modal produksi dapat diatasi dengan berbagai cara, seperti negosiasi, mediasi, dan perjanjian kerja bersama antara pemilik modal dan pekerja. Namun, tidak semua konflik modal produksi dapat diselesaikan dengan mudah dan dapat menyebabkan konflik yang lebih besar dalam perekonomian

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRikyy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Apr 23