Jelaskan Prosedur untuk mendapatkan dana desa

Berikut ini adalah pertanyaan dari vadilareta265 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan Prosedur untuk mendapatkan dana desa

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Beberapa prosedur untuk mendapatkan dana desa:

  • Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes): Desa harus menyusun rencana kerja yang mencakup program pembangunan, kegiatan, dan anggaran yang akan dilaksanakan selama satu tahun.
  • Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes): Setelah RKPDes disusun, desa harus menyusun APBDes, yang memperincikan rencana kegiatan dan anggaran yang akan dilakukan.
  • Penyampaian APBDes ke Pemerintah Kabupaten/Kota: Setelah disetujui oleh Musyawarah Desa (Musdes), APBDes harus disampaikan ke Pemerintah Kabupaten/Kota.
  • Verifikasi dan Validasi: Pemerintah Kabupaten/Kota akan memverifikasi dan memvalidasi APBDes untuk memastikan bahwa anggaran yang diajukan sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Pencairan Dana Desa: Setelah APBDes disetujui dan divalidasi, Pemerintah Kabupaten/Kota akan mentransfer dana desa ke rekening desa.
  • Pelaksanaan Kegiatan: Desa dapat melaksanakan program dan kegiatan yang dianggarkan sesuai dengan APBDes yang telah disetujui.
  • Pelaporan dan Pertanggungjawaban: Setelah kegiatan selesai dilaksanakan, desa harus melaporkan hasil pelaksanaan dan pertanggungjawaban penggunaan dana desa kepada Pemerintah Kabupaten/Kota.

Note : Prosedur di setiap daerah berbeda-beda.

Semoga bermanfaat

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh patrasabang97 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Jul 23