Tentukanlah penyebab terjadinya kesenjangan antara pemerintah daerah dan pusat dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari Angelinevanessa6453 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tentukanlah penyebab terjadinya kesenjangan antara pemerintah daerah dan pusat dalam meningkatkan investasi di indonesia?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dapat dihubungkan dengan teori konflik sosial

Penjelasan:

Dalam teori konflik sosial dijelaskan bahwa sebuah konflik terjadi akibat perbedaan kepentingan komunitas atau individu. Dalam hal ini kesenjangan pemerintah pusat dan daerah terjadi akibat perbedaan komunitas atau kelompok. Sederhananya kepentingan tiap kelompok pasti berbeda-beda demi menunjang kebutuhan yang mereka butuhkan disaat itu atau jangka panjang, demi mewujudkan kebutuhan tersebut tiap kelompok yang berkonflik akan melakukan berbagai serangkaian stategi agar dapat terwujud baik secara positif maupun negatif.

Contohnya: Pulau Kalimantan merupakan bagian bumi yang memiliki musim tropis, akibatnya pulau tersebut sangat efektif dan efisien dibudidayakan tumbuhan kelapa sawit. Potensi perkebunan kelapa sawit di Kalimantan mendorong masyarakat hingga pemerintah untuk mendapatkan sejumlah lahan untuk dikelola, permasalahan yang sering terjadi perbedaan kepentingan pemilik modal untuk menguasai sebidang tanah masyarakat, namun masyarakat setempat tidak mendapatkan keuntungan dari penyewaan tanah tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh GuruAbad21 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 05 Feb 23