Sebutkan hambatan2 dalam perdagangan internasional

Berikut ini adalah pertanyaan dari Gyagitaak4846 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan hambatan2 dalam perdagangan internasional

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Perbedaan Mata Uang

Perdagangan internasional sering terkendala karena perbedaan mata uang antarnegara. Umumnya, negara yang melakukan ekspor akan meminta kepada negara impor untuk membayar dengan mata uang negara ekspor. Tetapi, nilai dari kurs mata uang tersebut kerap kali berbeda-beda dan menghambat proses perdagangan internasional.

Untuk menyelesaikan hal ini, maka kedua negara dapat melakukan proses perdagangan dengan mata uang standar internasional. Contohnya seperti dolar AS (USD).

2. Terjadi Perang

Perang merupakan arena konflik yang melibatkan berbagai negara di dalamnya. Perang secara eksplisit mengandaskan hubungan bilateral antarnegara dan berimplikasi terhadap gagalnya perdagangan internasional. Di lain sisi, kondisi perekonomian negara yang sedang berperang tersebut juga akan mengalami kelesuan.

3. Kualitas Sumber Daya Manusia yang Rendah

Rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) suatu negara juga sangat menghambat perdagangan internasional. Negara dengan kualitas SDM rendah akan menghasilkan barang dan jasa yang kurang berkualitas. Kondisi ini akan menyulitkan barang dan jasa tersebut bersaing dengan jasa dan hasil produksi negara-negara maju dengan SDM berkualitas.

4. Kebijakan Impor di Suatu Negara

Setiap negara memiliki kebijakan ekonomi dan kebijakan impor yang relatif berbeda-beda. Kebijakan ini dipertegas dengan teori bahwa negara akan melindungi hasil produksi atau barangnya sendiri. Sebab, negara tidak ingin hasil produksinya tersaingi oleh hasil produksi dari luar negeri. Oleh sebab itu, kebijakan impor dari suatu negara akan sangat menghambat perdagangan internasional.

Baca juga:

Apa Arti Impor? Ini Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya

5. Transaksi yang Sulit dan Kompleks

Pada saat melakukan kegiatan perdagangan internasional, negara impor bisa mengalami kesulitan dalam hal pembayaran. Apabila pembayarannya dilakukan secara tunai, maka negara pengimpor akan mengalami kesulitan dan resiko yang tinggi. Kondisi ini berisiko menghambat transaksi dari proses perdagangan internasional.

Penjelasan:

kalo ngga mau capek nulis rangkum aja

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cepmek09 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 16 May 23