Untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan moneter

Berikut ini adalah pertanyaan dari triasilalahi3172 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan moneter berupa penurunan tingkat suku bunga yang menyebabkan jumlah uang beredar di masyarakat meningkat dari Rp2 triliun menjadi Rp3,5 triliun.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Penurunan tingkat suku bunga oleh Bank Indonesia dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan beberapa cara. Pertama, dengan menurunkan tingkat suku bunga, Bank Indonesia dapat memotivasi masyarakat untuk meminjam uang lebih banyak dari bank untuk berinvestasi atau membeli barang dan jasa. Ini akan meningkatkan permintaan dalam perekonomian, yang pada gilirannya akan meningkatkan produksi dan lapangan kerja.

Kedua, penurunan tingkat suku bunga juga dapat mengurangi biaya pinjaman bagi perusahaan-perusahaan, sehingga perusahaan dapat memperluas produksi mereka dengan menggunakan uang yang dipinjam. Ini akan meningkatkan produksi dan lapangan kerja di sektor swasta.

Ketiga, penambahan jumlah uang beredar di masyarakat dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Masyarakat akan memiliki lebih banyak uang untuk membeli barang dan jasa, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan dalam perekonomian dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dengan demikian, penurunan tingkat suku bunga oleh Bank Indonesia dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan permintaan, mengurangi biaya pinjaman, dan menambah jumlah uang beredar di masyarakat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Yudagoo dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23