tidak smua sumber daya alam tersedia di daerah bagaimana cara

Berikut ini adalah pertanyaan dari rafilyandira12 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tidak smua sumber daya alam tersedia di daerah bagaimana cara mengatasi nya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Menghemat penggunaan sumber daya alam yang terdapat di daerah tersebut. Contohnya, dalam penggunaan air bersih digunakan hanya untuk kegiatan primer (yang paling dibutuhkan, misal mandi dan mencuci).

Menciptakan alat pemuas kebutuhan baru berupa barang pengganti (substitusi). Contohnya, di daerah A kekurangan beras, maka daerah tersebut menciptakan alternatif yang sesuai dengan alat pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan fungsi beras, seperti menanam ubi dan singkong).

Melakukan distribusi kebutuhan dari daerah yang menghasilkan banyak sumber daya alam. Contohnya daerah gunung yang banyak menghasilkan berbagai macam sayuran, sementara daerah pantai menghasilkan sumber daya alam hasil laut. Jadi, agar terjadi pemerataan pada setiap daerah, maka dilakukan pendistribusian agar menciptakan kesejahteraan daerah tersebut

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sisil11040 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Oct 22