Dalam menghadapi perubahan dan kompleksitas struktur organisasi perusahaan semakin membutuhkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhamadriyan8372 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Dalam menghadapi perubahan dan kompleksitas struktur organisasi perusahaan semakin membutuhkan manajemen ilmiah. Menurut Anda bagaimana proses perkembangan dari manajemen ilmiah?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Proses perkembangan dari manajemen ilmiah seiring dengan berkembangnya dunia industri dan ekonomi. Peristiwa utama yang melatar belakangi perkembangan manajemen ilmiah ialah revolusi Industri yang menciptakan suatu lingkungan budaya baru dan memunculkan serangkaian masalah manajemen. Yang kemudian manajemen ilmiah semakin berkembang seperti munculnya teori administratif.

Pembahasan

Pertama kali manajemen ilmiah atau manajemen yang menggunakan ilmu pengetahuan dibahas, pada sekitar tahun 1900an. Taylor adalah manajer dan penasihat perusahaan dan merupakan salah seorang tokoh terbesar manajemen. Taylor dikenal sebagai bapak manajemen ilmiah (scientifick management). Hasil penelitian dan analisanya ditetapkan beberapa prinsip yang menggantikan prinsip lama yaitu sistem coba-coba atau yang lebih dikenal dengan nama sistem trial and error.

Hakekat pertama daripada manajemen ilmiah yaitu A great mental revolution, karena hal ini menyangkut manajer dan karyawan. Hakekat yang ke dua yaitu penerapan ilmu pengetahuan untuk menghilangkan sistem coba-coba dalam setiap unsur pekerjaan. Frederick W. Taylor dikenal dengan manajemen ilmiahnya dalam upaya meningkatkan produktivitas. Gerakannya yang terkenal adalah gerakan efisiensi kerja.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang relevansi manajemen ilmiah terhadap praktik manajemen sekarang pada yomemimo.com/tugas/17690087

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 31 Jan 23