17. Unit usaha yang dapat dijalankan koperasi sekolah adalah tokoh

Berikut ini adalah pertanyaan dari gresliayolanda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

17. Unit usaha yang dapat dijalankan koperasi sekolah adalah tokoh koperasi. Dalam pengelolaan toko koperasi, pengurus koperasi sekolah menemui hambatan yaitu tidak ada petugas yang mengelola toko. Untuk mengatasi hambatan ini pihak pengurus koperasi sekolah menawarkan langkah-langkah berikut.1) Memperkerjakan pegawai tetap yang dibayar rutin setiap bulan untuk mengelola toko koperasi.
2) Menyusun jadwal piket pengurus koperasi sekolah secara bergilir setiap hari saat jam istirahat, 15 menit sebelum masuk dan 15 menit setelah pulang sekolah.
3) Melakukan pendekatan kepada kepala sekolah untuk memerintahkan anggota koperasi sekolah yaitu para siswa kelas X dan kelas XI, selama satu hari penuh dalam satu secara bergantian untuk mengelola toko.
4) Menjalin kerjasama dengan pembina koperasi sekolah untuk mengelola dan melayani toko koperasi sekolah.

Langkah paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut ditunjukkan oleh nomor.....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)

18. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bidang manajemen di khususkan berdasarkan tujuan masing-masing. Salah satu bidang manajemen tersebut adalah manajemen produksi. Tugas manajemen produksi adalah....
A. Menentukan harga promosi suatu barang agar menarik minat konsumen.
B. Menentukan standar dan mutu hasil produksi yang akan dipasarkan.
C. Menarik minat pelanggan dalam rangka mencapai target penjualan
D. Memberikan laporan laba/rugi perusahaan kepada pihak investor
E. Menyediakan informasi rentabilitas bagi pihak kreditur​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

17) D

18) B

Penjelasan:

17. Langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah pengelolaan toko koperasi adalah dengan menggabungkan opsi 1) dan 4), yaitu memperkerjakan pegawai tetap yang dibayar rutin setiap bulan untuk mengelola toko koperasi dan menjalin kerjasama dengan pembina koperasi sekolah untuk mengelola dan melayani toko koperasi sekolah. Dengan cara ini, toko koperasi dapat dijalankan secara profesional oleh pegawai tetap yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan usaha toko, sementara pengurus koperasi sekolah dan pembina koperasi tetap dapat memantau dan memberikan arahan serta strategi yang tepat.

18. Tugas manajemen produksi adalah menentukan standar dan mutu hasil produksi yang akan dipasarkan. Manajemen produksi bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi untuk memproduksi produk atau jasa yang berkualitas dengan biaya produksi yang efisien dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Tujuan utama manajemen produksi adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi, mengurangi biaya produksi, meningkatkan kualitas produk, dan memenuhi permintaan pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh luna0115 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 Jul 23