jelaskan pengertian GDP, GNP, GDRP, NNP, NNI, PI, DanDI

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhhamzah647p7dz7f pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan pengertian GDP, GNP, GDRP, NNP, NNI, PI, DanDI

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

GDP, GNP, NNP, NNI, PI dan DI adalah beberapa konsep atau macam dalam pendapatan nasional. Hal ini dilihat dari jumlah barang dan jasa yang dihasilkan.

Pembahasan

Gross Domestic Product (GDP) / Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan di suatu wilayah negara, termasuk perusahaan asing di wilayah tersebut. Rumusnya:

  • GDP = Pendapatan WNI di dalam negeri + pendapatan WNA di dalam negeri

Gross National Product (GNP) / Produk Nasional Bruto (PNB) adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan negara selama satu tahun, termasuk WNI yang berada di luar negeri. Rumusnya:

  • GNP = Pendapatan WNI di dalam negeri + Pendapatan WNI di luar negeri
  • GNP = GDP + pendapatan WNI di dalam negeri - pendapatan WNA di dalam negeri
  • GNP = GDP - pendapatan neto luar negeri

Net National Product (NNP) / Produk Nasional Neto (PNN) adalah GNP yang dikurangi dengan penyusutan modal dalam produksi. Sehingga pendapatan nasional hanya dilihat dari laba yang diperoleh. Rumusnya:

  • NNP = GNP - penyusutan

Net National Income (NNI) / Pendapatan Nasional Neto adalah  NNP dikurangii pajak tidak langsung dan subsido. Pendapatan nasional dihitung berdasarkan balas jasa yang diterima masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. Rumusnya

  • NNI = NNP - pajak tidak langsung + subsidi

Personal Income (PI) / Pendapatan per orang adalah NNI dikurangi laba ditahan, asuransi, jaminan sosial dan pajak perseroan. Pendapatan nasional yang dihitung berdasarkan pendapatan yang diterima setiap orang. Rumusnya:

  • PI = NNI + transfer - (laba ditahan + iuran asuransi + jaminan sosial + pajak perseroan)

Disposable Income (DI) / Pendapatan yang dibelanjakan adalah PI dikurangi pajak langsung. Pendapatan nasional yang dihitung berdasarkan uang yang bisa digunakan setiap orang untuk membeli barang dan jasa, serta menabung atau investasi. Rumusnya:

  • DI = PI - pajak langsung

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pendapatan nasional yomemimo.com/tugas/12466720
  2. Materi tentang rumus menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan dan pengeluaran yomemimo.com/tugas/4775727
  3. Materi tentang personal incoma dan disposable income yomemimo.com/tugas/16891302

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Ekonomi

Bab: Pendapatan Nasional

Kode: 11.12.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Oct 18