Apakah yang dimaksud dengan asersi manajemen? sebutkan beberapa asersi manajemen!

Berikut ini adalah pertanyaan dari Auliadi7810 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apakah yang dimaksud dengan asersi manajemen? sebutkan beberapa asersi manajemen!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Asersi Manajemen (management assertions) adalah representasi pernyataan yang tesirat atau diekspresikan oleh manajemen tentang kelas transaksi dan akun serta pengungkapan yang terkait dalam laporan keuangan.

5 Kategori Asersi menurut PSA 07 (SA 326):

1. Asersi mengenai keberadaan atau keterjadian.

Asersi keberadaan atau kejadian adalah asersi mengenai apakah aktiva, kewajiban, dan ekuitas yang tercantum dalam neraca benar- benar ada pada tanggal neraca serta apakah pendapatan dan beban yang tercantum dalam laporan laba rugi benar-benar terjadi selama periode akuntansi.

2. Asersi mengenai kelengkapan.

Asersi mengenai kelengkapan adalah asersi mengenai apakah semua transaksi dan akun yang seharusnya ada dalam laporan keuangan telah dimasukkan.

3. Asersi mengenai hak dan kewajiban.

Asersi hak dan kewajiabn adalah asersi mengenai kebenaran bahwa aktiva memang menjadi hak perusahaan dan hutang menjadi kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu.

4. Asersi mengenai penilaian dan alokasi.

Asersi penilaian dan alokasi adalah asersi mengenai apakah aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan, atau beban telah dimasukkan ke dalam laporan keuangan dengan angka-angka yang wajar.

5. Asersi mengenai penyajian dan pengungkapan.

Asersi penyajian dan pengungkapan adalah asersi mengenai komponen-komponen dalam laporan keuangan diklasifikasikan, dijelaskan, dan diungkapkan dengan sepantasnya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TeuDay dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 Aug 22