Diketahui fungsi permintaan Qd= 30-2p dan fungsi penawaran QS= -10+2Phitunglah

Berikut ini adalah pertanyaan dari rozzaqmuhammad08 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Diketahui fungsi permintaan Qd= 30-2p dan fungsi penawaran QS= -10+2Phitunglah harga y output keseimbangan dari persamaan tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Untuk mencari harga output keseimbangan, kita perlu menemukan titik keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Titik keseimbangan dicapai ketika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang tersedia, sehingga tidak ada tekanan untuk mengubah harga. Kita dapat menemukan titik keseimbangan dengan mencocokkan jumlah permintaan dan jumlah penawaran pada harga yang sama.

Jumlah permintaan dapat dicari dengan menggunakan fungsi permintaan Qd= 30-2p. Jumlah penawaran dapat dicari dengan menggunakan fungsi penawaran Qs= -10+2p. Kita akan mencari titik keseimbangan dengan cara mencocokkan jumlah permintaan dan jumlah penawaran pada harga yang sama.

Sebagai contoh, jika harga y adalah $10, maka jumlah permintaan adalah 30 - 2 * 10 = 10, dan jumlah penawaran adalah -10 + 2 * 10 = 10. Jumlah permintaan dan jumlah penawaran sama, sehingga harga $10 adalah titik keseimbangan. Harga output keseimbangan adalah $10.

Demikianlah cara mencari harga output keseimbangan dari persamaan permintaan dan penawaran. Semoga membantu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Yudagoo dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 11 Mar 23