Jelaskan dampak terjadi pelaksanaan event seperti event Moto GP di

Berikut ini adalah pertanyaan dari alil2950 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan dampak terjadi pelaksanaan event seperti event Moto GP di Mandalika Lombok baik dari aspek ekonomi, pariwisata, sosial budaya dan lingkungan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Aspek ekonomi => Meningkatkan UMK
  • Aspek pariwisata => Banyak turis yang berdatangan, sehingga pariwisata menjadi ramai dan dikenal dunia
  • Aspek Sosial Budaya => Mengenalkan ke dunia bahwa budaya Indonesia keren
  • Aspek Lingkungan => Kotor bila tidak ditangani dengan baik

Pembahasan:

Moto GP adalah sebuah event motor balap 500 cc yang merupakan event motor balap tertinggi di dunia. Banyak pembalap terkenal di Ajang Moto GP seperti Fabio Quartararo, Mark Marquez, John Zarco, dll. Event ini diadakan setiap tahun, dimana setiap tahunnya ada 12 sirkuit berbeda. Pada tahun 2022 Indonesia ditunjuk sebagai salah satu sirkuit pad Moto GP, yaitu Sirkuit Mandalika di Lombok. Hal ini merupakan kesempatan Indonesia untuk mengenal ke dunia luar dalam aspek apapun contohnya:

ASPEK EKONOMI

  • Aspek ekonomi adalah sebuah pengaruh yang dapat merubah ekonomi di Indonesia, misalnya meningkatkan produk makanan karena banyak turis yang datang ke indonesia untuk melihat Moto GP, sehingga sangat menguntungkan bagi pedagang UMK untuk mendapatkan penghasilan lebih.

ASPEK PARIWISATA

  • Lombok merupakan daerah yang memiliki garis pantai paling indah di Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan pariwisata pada sektor pantai, sehingga keuangan akan meningkat dengan adanya turis yang datang dari berbagai negara.

ASPEK SOSIAL BUDAYA

  • Indonesia adalah negara yang memliki beragam budaya, sehingga hal ini menjadi kesempatan emas untuk Indonesia mengenalkan budaya ke luar, bahwa budaya Indonesia sangat keren.

ASPEK LINGKUNGAN

  • Lingkungan akan kotor karena banyaknya turis yang datang, sehingga kita sengaja penerima tamu harus mempersiapkan alat kebersihan dan poster agar senantiasa lingkungan tetep bersih.

Pelajari Lebih Lanjut:

#SolusiBrainlyCommunity

#UjianSekolah

#SMP

#KisiKisi

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Prusmantex34 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 16 Jul 23