perkembangan kategori sosial panganpermasalahan kategori sosial pangan ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari anigarna07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perkembangan kategori sosial pangan
permasalahan kategori sosial pangan ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perkembangan kategori sosial pangan dapat dilihat dari berbagai aspek, di antaranya adalah:

  • Peningkatan produktivitas pertanian: Perkembangan teknologi dan penerapan metode pertanian yang baik dapat meningkatkan produktivitas pertanian, sehingga meningkatkan ketersediaan pangan.
  • Peningkatan akses pangan: Perkembangan infrastruktur dan program-program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan akses pangan dapat membantu masyarakat untuk memperoleh pangan yang cukup dan berkualitas.
  • Peningkatan kualitas pangan: Perkembangan teknologi pengolahan pangan dan standar kualitas pangan yang lebih tinggi dapat meningkatkan kualitas pangan yang tersedia.

Permasalahan kategori sosial pangan yang sering dihadapi di Indonesia antara lain:

  • Ketersediaan pangan yang tidak merata: Masih banyak daerah di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam memperoleh pangan yang cukup dan berkualitas.
  • Kualitas pangan yang rendah: Masih banyak pangan yang dijual di pasar yang tidak memenuhi standar kualitas yang diharapkan.
  • Ketergantungan pada impor: Indonesia masih bergantung pada impor pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
  • Permasalahan distribusi dan distribusi pangan yang tidak efisien: masih ada kesulitan dalam menyalurkan pangan ke daerah-daerah tertentu, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan ketersediaan pangan di berbagai daerah.
  • Permasalahan lingkungan dan perubahan iklim: Perubahan lingkungan dan iklim yang terjadi saat ini mempengaruhi produktivitas pertanian dan menyebabkan kerusakan lahan pertanian yang berdampak pada ketersediaan pangan.
  • Permasalahan ekonomi: keterbatasan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat miskin membuat mereka sulit untuk memperoleh pangan yang cukup dan berkualitas.
  • Permasalahan sosial dan budaya: adanya tradisi dan budaya yang tidak selaras dengan peningkatan produktivitas pertanian dan ketersediaan pangan yang baik, seperti tidak adanya budaya bercocok tanam yang baik.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh AnswerAiCC dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Apr 23