Sebutkan danjelaskan manfaat informasi akuntansi bagi pihak eksternal.

Berikut ini adalah pertanyaan dari najjma9168 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan danjelaskan manfaat informasi akuntansi bagi pihak eksternal.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban dan Penjelasan:

Informasi akuntansi merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data keuangan suatu perusahaan. Manfaat informasi akuntansi bagi pihak eksternal adalah sebagai berikut:

Memberikan informasi kepada para pemegang saham tentang kinerja keuangan perusahaan. Pemegang saham biasanya membutuhkan informasi keuangan yang terperinci tentang perusahaan agar dapat memahami sejauh mana perusahaan telah mencapai tujuannya.

Memberikan informasi kepada kreditur tentang kemampuan perusahaan untuk membayar kembali hutang-hutangnya. Kreditur biasanya membutuhkan informasi keuangan perusahaan agar dapat memutuskan apakah akan memberikan pinjaman atau tidak kepada perusahaan tersebut.

Memberikan informasi kepada pemasok tentang kemampuan perusahaan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Pemasok biasanya membutuhkan informasi keuangan perusahaan agar dapat memutuskan apakah akan bekerja sama dengan perusahaan tersebut atau tidak.

Memberikan informasi kepada regulator pemerintah tentang kepatuhan perusahaan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Regulator pemerintah biasanya membutuhkan informasi keuangan perusahaan agar dapat memastikan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi kewajibannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang keberlangsungan usaha perusahaan. Masyarakat umum biasanya membutuhkan informasi keuangan perusahaan agar dapat memahami kondisi keuangan perusahaan dan menilai apakah perusahaan tersebut merupakan tempat yang aman untuk berinvestasi atau tidak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Damarcreative dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Mar 23