3.Berikut ini merupakan bidang-bidangpengetahuan informatika, kecuali ....a. Berpikir Komputasionalb. Teknologi

Berikut ini adalah pertanyaan dari nn7060377 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

3.Berikut ini merupakan bidang-bidang
pengetahuan informatika, kecuali ....
a. Berpikir Komputasional
b. Teknologi Informasi dan Komunikasi
c. Dampak Ekonomi Informatika
d. Analisis Data
e. Algoritma dan Pemrograman​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Informatika merupakan ilmu disiplin sains yang mengkaji struktur dan ciri, bukan ciri secara spesifik, informasi ilmiah, juga keaktifan informasi ilmiah, teori, sejarah, metodologi dan juga organisasi informasi ilmiah.

Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang cukup luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer dan developer atau pengembang perangkat lunak, analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta dapat sebagai bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem jaringan komputer.

Jawaban yang tepat untuk soal diatas adalah a. Berpikir komputasional.

Pembahasan:

Pada zaman globalisasi ini akan terus berkembang, termasuk pada teknologinya juga akan terus berkembang. Oleh sebab itu, kita akan bertemu dengan teknologi-teknologi baru yang semakin lama semakin canggih dan semakin lama kita akan merasa bahwa hidup dan kegiatan yang kita jalani akan menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan kita harus mampu untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin dinamis. Jika, kita terlalu lama untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, maka tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi tertinggal.

Berpikir komputasional merupakan cara berpikir, bukan bidang ilmu pada pengetahuan informatika. Berpikir komputasional dapat diartikan sebagai sebuah konsep atau cara untuk mengamati masalah dan mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan cara menerapkan teknologi ilmu komputer. Dengan berpikir secara komputasional, seseorang akan mampu untuk mengamati masalah, memecahkan masalah hingga dapat melakukan mengembangkan solusi dari pemecahan masalah.

Pada dasarnya, berpikir komputasional memang mengadaptasi sebuah pemikiran atau cara kerja yang awalnya berasal dari komputer. Akan tetapi, beberapa orang masih beranggapan bahwa berpikir komputasional itu harus menggunakan aplikasi komputer. Pada kenyataannya yang dimaksud dalam berpikir komputasional tidak harus dengan menggunakan komputer.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang pengertian berpikir komputasional dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/39775944
  2. Materi tentang tahapan cara bepikir komputasional dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/38378886
  3. Materi tentang bidang ilmu informatika dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/23619285

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : TIK

Bab : Penerapan teknologi informatika

Kode : 8.12.7

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 01 Nov 22