Peranan UMKM dalam perekonomian Indonesia? berikan contoh kasusnya.

Berikut ini adalah pertanyaan dari LifaSandiya2943 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Peranan UMKM dalam perekonomian Indonesia? berikan contoh kasusnya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Peran UMKM sangat besar untuk Indonesia, terutama pada pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB atau Produk Domistik Bruto juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Pembahasan:

Menurut data dari Kementerian Koperasi, Usaha Keci, dan Menengah atau KUKM, pada tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha yang ada di Indonesia. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau sekitar 97% dari daya serap tenaga kerja Indonesia dalam dunia usaha. Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu sekitar 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau sebanyak 0,01% dari jumlah keseluruhan pelaku usaha.

Dari data di atas, Indonesia memiliki potensi dari basis ekonomi nasional yang kuat karena jumlah UMKM terutama pada usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja yang sangat besar.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/14392368

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Feb 23