Pada pasar persaingan sempurna jangka pendek salah satunya terdapat penjelasan

Berikut ini adalah pertanyaan dari yariani4233 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pada pasar persaingan sempurna jangka pendek salah satunya terdapat penjelasan tentang keseimbangan pasar jangka sangat pendek. Jelaskan keseimbangan pasar jangka sangat pendek tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pada pasar persaingan sempurna jangka pendek, keseimbangan pasar jangka sangat pendek terjadi ketika jumlah penawaran sama dengan jumlah permintaan. Artinya, tidak terdapat kelebihan penawaran atau permintaan di pasar. Pada kondisi ini, harga barang atau jasa akan berada pada titik di mana kurva penawaran dan kurva permintaan saling berpotongan, yang disebut titik ekuilibrium.

Keseimbangan pasar jangka sangat pendek sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terjadi pada saat itu, seperti perubahan harga input, perubahan teknologi produksi, dan fluktuasi dalam permintaan pasar. Karena pasar persaingan sempurna jangka pendek relatif mudah masuk dan keluar, perusahaan-perusahaan dapat memutuskan untuk meningkatkan atau mengurangi produksi mereka sesuai dengan perubahan permintaan atau biaya produksi yang berlaku.

Jika terjadi peningkatan permintaan pada pasar, maka keseimbangan pasar akan terdorong ke arah peningkatan harga dan kuantitas barang yang ditawarkan. Sebaliknya, jika terjadi penurunan permintaan, maka keseimbangan pasar akan terdorong ke arah penurunan harga dan kuantitas barang yang ditawarkan. Keseimbangan pasar jangka sangat pendek ini akan terus berubah seiring dengan perubahan faktor-faktor ekonomi yang terjadi di pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh SteinKu1405 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Aug 23