Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah…..

Berikut ini adalah pertanyaan dari Lewi2453 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah…..

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah start berdiri.

Pembahasan

Jalan cepat merupakan salah satu jenis olahraga dalam cabang atletik. Jalan cepat adalah gerakan berjalan ke depan yang dilakukan tanpa adanya putus kontak antara telapak kaki dan tanah. Jalan cepat biasa diperlombakan pada kejuaraan dunia dengan beberapa nomor atau jarak, yakni 20 kmatau50 kmyang terdapat padaOlimpiade. Dalam olahraga jalan cepat, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasaioleh setiap pemain agar pemain dapat melakukan jalan cepat denganbaikdanbenar.

Teknik dasar dalam jalan cepat adalah:

  1. Teknik start, teknik start yang digunakan pada jalan cepat adalah start berdiri. Start berdiri dilakukan dengan posisi berdiri di belakang garis start dengan salah satu kaki di depan dan belakang. Posisi kaki belakang lurusdan kaki depan sedikitdi tekuk. Posisi badan sedikit condong ke depan dan kedua tangan berada di samping badan.
  2. Teknik berjalan, dalam jalan cepat, gerakan berjalan dilakukan tanpa adanya putuskontak antaratelapak kakidengantanah. Ketika kaki kanan melakangkah ke depan, kaki kiri tetap menapak di tanah, ketika kaki kanan menyentuh tanah, sesegera mungkin angkat kaki kiri ke depan. Posisi badan ketika berjalan adalah tegapdenganayunan tangan yang seirama dengan kaki.
  3. Teknik memasuki garis finish, dalam olahraga jalan cepat, untuk memasuki garis finish, pemain hanya terus berjalanhinggamelewati garis finish.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang aturan dasar dalam nomor jalan cepat: yomemimo.com/tugas/3974550
  2. Materi tentang pengertian jalan cepat: yomemimo.com/tugas/32057631

Detail Jawaban

Kode: 8.22.3

Kelas: 8 SMP

Mapel:Penjaskes

Bab: Bab 3 - Permainan dan Olahraga Atletik

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equvator dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 22 Jul 23