Apa yg kamu ketahui tentang sistem ekonomi islam?

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayyaash pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yg kamu ketahui tentang sistem ekonomi islam?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem Ekonomi Islam biasanya disebut juga dengan ekonomi syariah, yaitu merupakan salah satu cabang dari ilmu yang pada dasarnya sama seperti ilmu ekonomi yang digunakan untuk menyelesailan permasalahan ekonomi, hanya saja ekonomi syariah ini dalam menyelesaikan permasalahan perekonomiannya didasarkan/ berlandaskan pada kitab Al-Qur’an dan Hadits.

Misalkan di dalam al-qur'an dan hadits, allah telah mengharamkan riba. Maka dari itu tentunya ekonomi syariah juga tidak akan menerapkan sistem riba di dalam kegiatannya (berbeda dengan ekonomi konvensional yang menerapkan riba). Namun, dalam sistem kegiatannya ekonomi syariah ini menerapkan sistem bagi hasil.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀

Lalu, apa yang membedakannya?

1. Kegiatatannya

⠀ Ekonomi konvensional menjalankan semua kegiatan di berbagai bidang usaha, sedangkan ekonomi syariah hanya menjalankan kegiatan usaha yang halal saja.

2. Aspek Hukum

⠀ Ekonomi konvensional didasarkan pada hukum yang berlaku di Indonesia, sedangkan pada bank syariah didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits.

3. Sistem Keuntungan

⠀ Ekonomi konvensional mendapatkan keuntungan didapatkan dari bunga/riba, sedangkan pada bank syariah dari bagi hasil antara kedua belah pihak.

4. Berdasarkan Orientasi

⠀ Ekonomi konvensional berorientasi pada keuntungan semata, sedangkan ekonomi syariah selain berorientasi pada keuntungan, juga berorientasi pada kemakmuran dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀

Contoh produk ekonomi syariah:

yomemimo.com/tugas/16255144#readmore

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀

Detail tambahan:

Mapel⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Ekonomi

Kelas⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 11

Materi⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Sistem Ekonomi Syariah

Kata Kunci⠀⠀⠀⠀⠀ : Ekonomi, Islam, Syariah

Kode soal⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 12

Kode Kategorisasi : 11.12

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Melya20 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Nov 18