bagaimana proses penyebaran covid-19

Berikut ini adalah pertanyaan dari dohm7556 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimana proses penyebaran covid-19

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Virus corona merupakan satu jenis virus baru yang dapat menyebabkan penyakit dan sedang mewabah latar belakang mewabahnya virus corona, proses penyebaran virus corona adalah sebagai berikut:

Pembahasan  

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) virus corona menular melalui orang yang terinfeksi virus corona. Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang terinfeksi virus ini batuk atau bersin. Tetesan kecil ini kemudian mendarat di permukaan benda, tetesan itu lalu disentuh oleh orang sehat, orang tersebut lalu menyentuh area mata, hidung atau mulut mereka. Maka virus akan masuk kedalam tubuh orang sehat tersebut dan membuat orang sehat menjadi terinfeksi virus corona juga.

Secara umum terdapat ada 3 gejala umum yang bisa menandakan bahwa seseorang terinfeksi virus corona, yaitu: Deman (suhu tubuh diatas 38ᵒC), batuk kering, dan kelelahan. Kebanuyakn orang (sekita 80%) pulih tanpa perlu perawatan medis. Namun virus ini berbahaya bagi golongan rentan yaitu orang lanjut usia, penderita diabetes, penderita asma, kanker dan orang dengan ketahan tubuh yang rendah.  

Cara pencegahan virus ini adalah dengan menjaga kesersihan dengan selalu membersihkan tangan secara rutin dan mandi minimal 2x sehari. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pencuci tangan beralkohol. Mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya 20 detik.Pastikan seluruh tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.  

Menggunakan masker jika pergi keluar rumah. Masker yang sering digunakan secara umum untuk mencegah penyebaran virus corona adalah masker surgical mask. Masker surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harga terjangkau, dan nayaman dipakai sehari-hari sehingga banyak orang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-biahan, dan makaanan berprotein.

Tidak berpergian keluar rumah dan tidak pergi ke negara terjangkit. Jika ada hal mendesak yang mengharuskan keluar rumah maka harus membawa masker, cairan pencuci tangan beralkohol dan tisu.

Menghindari kontak jarak dekat dengan siapapun yang memiliki gejala salesma atau flu. Menghinari kontak jarak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan orang yang memiliki gejala batuk. Jika anda batuk maka harus menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau saku yang ditekuk saat batuk dan bersin.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang menanggapi secara bijak saat ada stigma di mayarakat tentang virus corona yomemimo.com/tugas/27406763

2. Materi tentang ciri-ciri, bentuk, struktur, dan cara hidup virus corona yomemimo.com/tugas/27398562

3. Materi tentang latar belakang mewabah virus corona yomemimo.com/tugas/27446487

-----------------------------

 

Detil jawaban  

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: -

Kode: 10.12

#Ayobelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh harukanopi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 Jun 20