Jika anda merupakan seseorang yang memiliki dana lebih dan ingin

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurulamaliaa1001 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jika anda merupakan seseorang yang memiliki dana lebih dan ingin memberikan dana tersebut sebagai investor, sebutkan dan jelaskan aset yang dapat ada kelola ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut adalahjenis asetyang bisa kita kelola apabila dana lebihyang kita miliki dikelola sebagaiinvestasi:

  • Aset lancar: jenis aset investasi yang merupakan kekayaan orang lain dan bisa diubah atau dicairkan dengan mudah menjadi uang tunai atau mudah untuk dilikuidasi. Contoh dari aset lancar adalah saham, obligasi, deposito, logam mulia, piutang dagang, dll.
  • Aset tidak lancar: jenis aset investasi yang merupakan kekayaan yang tidak bisa diubah menjadi uang tunai dalam waktu yang cepat atau sulit untuk dilikuidasi. Contoh dari aset tidak lancar adalah tanah, rumah, mesin pabrik, hak cipta, hak paten, franchise atau waralaba, dan hak merk dagang.

Pembahasan

Investasi adalah kegiatan menempatkan modal yang kita miliki kepada bentuk kekayaan lainnya dengan ekspektasi bisa mendapatkan keuntungan ekonomi dari penanaman modal tersebut. Ada berbagai macam instrumen yang bisa kita gunakan dalam melakukan investasi. Secara garis besar, aset investasi sendiri adalah kekayaan yang ada pada diri seseorang ataupun pada perusahaan. 

Berikut adalah beberapa bentuk dari jenis aset investasi:

  • Saham: bentuk dari kepemilikan modal yang ada pada perusahaan. Saham ini bisa mendatangkan keutungan bagi kita baik dengan mendapatkan deviden ataupun dengan memperdagangkan saham tersebut. Saham termasuk dalam aset lancar karena mudah untuk dijual kembali.
  • Logam mulia: emas adalah barang investasi yang cenderung memiliki tingkat volatilitas yang sangat rendah karena harganya yang sangat stabil. Maka dari itu, logam mulia menjadi aset investasi yang paling umum digunakan.
  • Tanah: properti atau lahan adalah barang investasi yang sangat umum digunakan karena harganya yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, tepatnya dari 10 hingga 12 persen per tahun. Namun, memerlukan waktu yang lama untuk bisa mendapatkan keuntungan dari tanah sehingga membuat tanah menjadi salah satu aset tidak lancar.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian investasi jangka panjang

yomemimo.com/tugas/23849975

Materi tentang produk pasar modal

yomemimo.com/tugas/6207420

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Ekonomi

Bab: 10 - Pasar Modal

Kode: 11.12.10

#TingkatkanPrestasimu 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 23 Jul 21