1.)Permintaan berang tersebut, termasuk kategori permintaan apa, jika dilihat dari

Berikut ini adalah pertanyaan dari joshuavincent15985 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1.)Permintaan berang tersebut, termasuk kategori permintaan apa, jika dilihat dari DAYA BELI KONSUMEN yang MEMBUTUHKAN?2).Permintaan berang tersebut, termasuk kategori permintaan apa, jika dilihat dari DAYA BELI KONSUMEN yang MEMINTA?




KAKAK TOLONG KURANG MENGERTI...​
1.)Permintaan berang tersebut, termasuk kategori permintaan apa, jika dilihat dari DAYA BELI KONSUMEN yang MEMBUTUHKAN?2).Permintaan berang tersebut, termasuk kategori permintaan apa, jika dilihat dari DAYA BELI KONSUMEN yang MEMINTA?KAKAK TOLONG KURANG MENGERTI...​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jenis permintaan menurut daya beli adalah:

Permintaan efektif: jenis permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli yang dimiliki. Jadi, pada permintaan efektif konsumen melakukan pembelian terhadp suatu barang atau jasa yang diinginkan.Permintaan potensial: jenis permintaan terhadap suatu barang atau jasa namun belum disertai dengan keputusan pembelian meskipun memiliki kemampuan daya beli. Jadi, pada permintaan potensial konsumen belum melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa meskipun memiliki kemampuan untuk membelinya.Permintaan absolut: jenis permintaan terhadap suatu barang atau jasa namun tidak disertai dengan daya beli yang dimiliki. Jadi, pada permintaan absolut konsumen tidak memiliki kemampuan untuk membeli suatu barang atau jasa meskipun ia menginginkannya.

Pembahasan

Permintaan adalah keinginan manusia untuk mendapatkan suatu barang atau jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya, permintaan manusia akan suatu barang atau jasa akan terus terjadi karena bersifat tidak terbatas. Hal ini juga selaras dengan kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas namun harus dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas. Maka dari itu, menurut daya belinya permintaan bisa dibagi menjadi:

Permintaan efektifPermintaan potensialPermintaan absolut

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan konsumen:

Harga barang: semakin tinggi harga dari suatu barang atau jasa maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan semakin sedikit. Hal ini juga pada dasarnya bergantung pada daya beli dan seberapa fundamental manfaat dari barang atau jasa tersebut.Pendapatan: semakin tinggi pendapatan yang dimiliki oleh seorang konsumen maka tingkat permintaannya juga akan semakin tinggi.Intensitas kebutuhan konsumen: seberapa besar keperluan konsument terhadap suatu barang. Semakin tinggi tingkat keperluannya maka tingkat permintaan terhadap suatu barang atau jasa akan semakin tinggi. Contoh nyatanya adalah harga masker di awal masa pandemi yang menjulang tinggi karena tingkat kebutuhan konsumen yang tinggi.Barang substitusi: seberapa banyak pilihan alternatif lain yang bisa digunakan oleh konsumen untuk menggantikan barang tersebut. Semakin banyak barang substitusi terhadap suatu produk maka fluktuasi harga akan semakin sering terjadi untuk memenuhi harga yang diinginkan konsumen.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis kebutuhan manusia

yomemimo.com/tugas/2246069

Materi tentang ruang lingkup ekonomi

yomemimo.com/tugas/286074

Materi tentang prinsip ekonomi

yomemimo.com/tugas/8887460

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh midteach dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 06 Jun 22