saya ingin kalian dapat memberikan contoh komunikasi lintas atau antar

Berikut ini adalah pertanyaan dari rakarayden pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

saya ingin kalian dapat memberikan contoh komunikasi lintas atau antar budaya yang pernah kalian alami dan bagaimana cara mengatasi berbagai hambatan yang kalian temukan dalam komunikasi tersebut. Apabila kalian belum pernah memiliki pengalaman, maka kalian dapat memberikan contoh mengenai komunikasi budaya yang berlaku di daerah kalian masing-masing.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh komunikasi lintas atau antar budaya yaitu komunikasi dengan orang yang berbeda suku atau berbeda budaya sehingga rawan terjadinya kesalahpahaman, misalnya komunikasi yang terjadi antara orang Medan dan orang Sulawesi, atau orang Indonesia dengan orang Spanyol. Cara mengatasi berbagai hambatan yang temukan dalam komunikasi tersebut adalah menggunakan bahasa yang sama-sama dimengerti, misalnya antar orang Medan dan orang Sulawesi berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, dan Orang Indonesia berkomunikasi dengan orang Spanyol dengan menggunakan bahasa Inggris, dan jika masih mengalami hambatan hendaknya menggunakan bahasa yang sama-sama dimengerti seperti bahasa tubuh.

Pembahasan

Komunikasi lintas budaya atau cross cultural communication adalah bidang studi komunikasi yang memandang manusia yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda dalam berkomunikasi. Komunikasi lintas budaya adalah studi yang berakar dari studi antropologi budaya. Titik berat komunikasi lintas budaya adalah proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai macam budaya yang berbeda. Komunikasi lintas budaya merupakan “pintu gerbang” agar dapat memahami komunikasi antar budaya atau intercultural communication.

Komunikasi lintas budaya memiliki beberapa karakteristik, yaitu :  

  1. Bersifat dinamis, yaitu kontinu dan berubah.
  2. Bersifat interaktif atau saling mempengaruhi.
  3. Berlangsung dalam konteks fisik dan sosial.
  4. Sosial.
  5. Temporal.

Perbedaan budaya merupakan salah satu faktor penghambat dalam komunikasi antar budaya, karenanya hambatan – hambatan komunikasi tersebut juga sering disebut sebagai hambatan komunikasi antar budaya, sebagai hambatan dalam proses komunikasi yang terjadi karena adanya perbedaan budaya antara komunikator dan komunikan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang komunikasi lisan dan tertulis yomemimo.com/tugas/16967246

2. Materi tentang perdagangan internasional yomemimo.com/tugas/1525915

3. Materi tentang perbedaan komunikasi internasional dan komunikasi politik yomemimo.com/tugas/15045384

--------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Perubahan Sosial

Kode : 9.10.5

Kata Kunci : Komunikasi, Lintas Budaya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Jul 19