Pasar oligopoli adalah pasar tempat penawaran A satu jenis barang

Berikut ini adalah pertanyaan dari Upikthau1638 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pasar oligopoli adalah pasar tempat penawaran A satu jenis barang dikuasai oleh banyak perusahaan B satu jenis barang dikuasai oleh empat perusahaan C satu jenis barang dikusai oleh lima puluh perusahaan D berjenis jenis barang dikusai oleh banyak perusahaan E satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pasar oligopoli adalah pasar tempat penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan (E)

Pembahasan

Pasar adalah tempat perkumpulan dan pentransaksian antara penjual dan pembeli. Pasar ini memiliki banyak struktur, yang diantaranya :

Pèrfect Compètition Markèt

Perfect Competition Market alias pasar persaingan sempurna adalah salah satu struktur pasar dimana dalam pasar ini terdapat banyak penjual sekaligus pembeli sehingga akan terjadi persaingan besar antara para penjual untuk menjualkan barang dagangnya dan juga pembeli untuk berburu barang belian. Perfect Competition Market memiliki beberapa kriteria yaitu :

  • Jumlah penjual dan juga pembeli yang membludak
  • Barang yang dijual sejenis
  • Akan banyak proses tawar menawar
  • Penjualah yang menjadi penentu harga
  • Tidak ada aturan ketat

Impèrfect Compètition Markèt

Imperfect Competition Market alias pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang diisi oleh penjual yang sedikit, namun jumlah pembelinya sangat banyak. Pasar ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Pasar Oligopoli, yaitu pasar yang memiliki barang dagang homogen (sejenis/satu jenis) dengan penguasaan dilakukan oleh beberapa perusahaan

  • Pasar Monopoli, yaitu pasar yang memiliki barang dagang homogen dengan pedagang yang homogen juga, artinya hanya perusahaan itu yang menguasai penjualan barang dagang tersebut. Contohnya adalah PT.PLN yang menguasai usaha Listrik.

  • Pasar Monopolistis, yaitu pasar yang menjual barang sejenis, banyak perusahaan yang menjual barang tersebut, namun dengan ciri khas yang berbeda beda.

Pelajari Lebih Lanjut

=================================

Detail Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Ekonomi

Materi : Bab 3 - Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar

Kode Kategorisasi : 10.12.3

Kata Kunci : Pasar Oligopoli

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Exology01 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 May 21