Sebutkan 4 macam motif ekonomi dan beri contohnya!

Berikut ini adalah pertanyaan dari zaldi9835 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan 4 macam motif ekonomi dan beri contohnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. motif dalam memenuhi kebutuhan

contoh : seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya uang itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

2. motif memperoleh laba

contoh : seorang pedagang buah yang kualitasnya baik dengan harga relative murah dan melayaninya dengan sangat ramah .

3.motif mendapatkan kekusaan ekonomi

contoh :di suatu kelurahan sedang terjadi pemilihan lurah baru. Pak Wibowo adalah salah seorang calon lurah, Ia memodali perbaikan jalan yang rusak dikampungnya, menyelenggarakan pengobatan gratis kepada masyarakat di kampungnya dengan harapan dalam pemilihan kepala desa nanti, ia mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.

4.motif mendapatkan penghargaan

contoh : ada seorang manager atau pengusaha tetap melakukan kegiatan ekonomi dengan kerja keras walaupun keuntungan dan kemakmuran sudah diraihnya. Hal ini dilakukan agar ia tampil sebagai manager yang handal dan disegani. Prestasi tsb tidak jarang membuahkan penghargaan dari pemerintah maupun kalangan pengusaha. Misalnya manager tsb digolongkan kedalam Top Manager versi sebuah majalah ekonomi dan perusahaan yang dikelolanya menerima penghargaan dari pemerintah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh limei387 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Jun 21