berilah contoh 5 barang dengan perbedaan harga di pasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nauraayu1836 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berilah contoh 5 barang dengan perbedaan harga di pasar tradisional dan modern!misalnya: Air mineral Aquadipasar tradisional 2500 dipasar modern 3000

plis tolong dijawab besok dikumpulin!!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh 5 barang dan perbedaan harganya di pasar tradisional dan modern :

  1. Beras di pasar tradisional 5kg Rp. 55.000,- sedangkan dipasar modern 5kg Rp. 62.500,-
  2. Buku tulis SIDU 38 Lembar 1 pak isi 10pcs dipasar tradisional 32.000,- sedangkan dipasar modern 34.500,-
  3. Sunlight 580ml dipasar tradisional Rp. 9500,- sedangkan dipasar modern 9.800,-
  4. Telur 1kg dipasar tradisional Rp. 21.000,- sedangkan dipasar modern Rp. 22.500,-
  5. Jeruk 1kg dipasar tradisional Rp. 20.000,- sedangkan dipasar modern 29.900,-

Pembahasan

Perbedaan Pasar Modern dan Pasar Tradisional

1.Tingkat Persaingan

Karena biasanya para penjual di pasar tradisional masih satu daerah, maka solidaritas dan keakrabannya relatif lebih kental.

Tak ada persaingan berarti antara penjual di pasar tradisional, karena masing-masing sudah sama-sama tau karakter dan kebiasaan.

Sementara itu, kondisi berbeda akan dialami penjual di pasar modern. Biasanya antara penjual satu dan penjual lainnya akan saling berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan, bahkan jika perlu melakukan monopoli pasar.

2.Kondisi Produk yang Dijual

kondisi produk di pasar

Karena pasar tradisional lebih identik dengan produk buah dan sayuran, maka banyak orang lebih percaya dengan tingkat kesegaran di pasar tradisional.

Koleksi buah dan sayur di pasar modern memang tidak kalah lengkap, namun beberapa jenis buah biasanya sudah melalui proses panjang sebelum akhirnya masuk ke display penjualan.

3.Banderol Harga

harga jual

Banderol harga yang lebih murah memang sejak lama identik dengan pasar tradisional, pasalnya tidak ada harga pasti yang dipatok oleh penjual.

Sahabat Qwords bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dengan harga lebih miring jika pandai melakukan aksi tawar-menawar.

Di sisi lain, harga jual di pasar modern sudah dibanderol dengan pasti sehingga tidak bisa melakukan aksi tawar-menawar lagi.

4.Fasilitas Pasar

Bicara soal fasilitas, pasar tradisional tentu kalah jauh dibandingkan fasilitas pasar modern.

Bahkan, hal ini bisa dilihat dari bagian luar dimana pasar modern biasanya memiliki desain bangunan lebih megah dan estetik.

Kendati demikian, saat ini banyak juga pasar tradisional yang sudah berbenah menjadi pasar semi modern. Contohnya bisa dilihat di Pasar Bantul yang sekarang dibangun lebih teratur dan rapi.

5.Sistem Penjualan

Perbedaan pasar tradisional dan pasar modern berikutnya ada pada sistem jual-beli atau lebih tepatnya pada metode transaksi pembayaran.

Jika berbelanja di pasar tradisional masih menggunakan uang cash, maka pedagang di pasar modern sudah mengakomodir pembayaran cashless melalui uang digital atau e-wallet.

Di Indonesia sendiri saat ini ada banyak provider e-money, contohnya seperti gopay, OVO, LinkAja, Dana, dan lain sebagainya, dimana semuanya sudah bisa terhubung menggunakan kode QRIS (Quick Response Indonesian Standard).

Keberadaan QRIS tentu sangat membantu pedagang maupun pembeli di pasar modern, karena mereka bisa melakukan pembayaran lintas platform e-wallet dengan kode QR yang sama.

6.Waktu Operasional

Waktu operasional atau jam buka juga bisa menjadi pembeda antara pasar tradisional dan pasar modern.

Sebagaimana kita ketahui, untuk waktu operasional pasar tradisional sendiri hampir tidak ada jadwal pasti karena pedagang bisa buka di pagi atau sore hari.

Sementaa itu, jam buka pasar modern biasanya lebih teratur, yakni dari pagi hingga sore atau malam hari, tergantung daerah dan kebijakan pengelola pasar.

Pelajari lebih lanjut

Perbedaan proses pembentukan harga pada pasar tradisional dan pasar modern yomemimo.com/tugas/13738422

Ciri-ciri pasar tradisional dan modern yomemimo.com/tugas/2530109

Detail Jawaban

Kelas : XI

Mapel : IPS Ekonomi

Bab : Pasar Tradisional dan Modern

Semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh deraarisantie dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Jun 22