15.menjelaskan perbedaan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional

Berikut ini adalah pertanyaan dari Radifahasna6369 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

15.menjelaskan perbedaan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perdagangan dalam negeri adalah kegiatan perdagangan dilakukan dalam batas wilayah suatu negara baik itu antar wilayah atau antar provinsi. Sedangkan perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan antar negara yang dilakukan melalui kesepakatan bersama.

Pembahasan

Ada beberapa perbedaan antara perdagangan internasional dan perdagangan dalam negeri, yaitu:

  • Yang membedakan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional adalah wilayah tempat kegiatan tersebut berlangsung. Pada dasarnya, kegiatan perdagangan dalam negeri dilakukan di dalam negara yang sama atau di dalam batas-batas negara yang sama. Perdagangan internasional dilakukan antar negara, bukan di dalam batas negaranya sendiri.
  • Dalam perdagangan dalam negeri, alat pembayaran yang digunakan adalah mata uang tempat terjadinya transaksi, misalnya Rupiah di Indonesia. Sedangkan dalam perdagangan internasional, cara pembayaran dapat mencakup mata uang asing yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, seperti dolar, emas, wesel, cek, surat berharga, atau letter of credit.
  • Biaya transportasi dari kegiatan perdagangan domestik biasanya tidak tinggi. Tidak ada biaya untuk mendistribusikan barang di dalam negeri. Sementara itu, biaya transportasi yang tinggi akan mempersulit perdagangan internasional, karena jarak dan waktu antar negara yang jauh. Selain itu, pajak akan dikenakan pada kegiatan distribusi dalam perdagangan internasional, yang semakin meningkatkan biaya.
  • Metode distribusi yang paling umum digunakan dalam perdagangan domestik adalah langsung. Hal ini dikarenakan jarak dan waktu yang ditempuh relatif singkat. Sementara itu, perdagangan internasional paling sering menggunakan perusahaan pengimpor atau perusahaan pengekspor sebagai perantara untuk melakukan kegiatan distribusi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang perdagangan internasional yomemimo.com/tugas/34783622

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Sep 22