Sistem ekonomi apa yang dianut pemerintah indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nurlisa8851 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sistem ekonomi apa yang dianut pemerintah indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem ekonomi yang dianut oleh pemerintah Indonesia adalah sistem ekonomi pancasila. Dimana sistem ekonomi ini dalam penerapannya didasarkan pada nilai-nilai pancasila. Sistem ekeonomi ini terkesan seperti sistem ekonomi campuran dikarenakan peraturannya penerapannya campuran antara kapitalis dan sosialis. Akan tetapi perbedaannya, sistem perekonomian ini diterapkan dengan menjiwai sikap-sikap luhur pancasila. Dalam sistem ekonomi ini beberapa kebijakan diatur oleh pemerintah seperti pada sistem sosialis yang bertujuan untuk mensejahterakan dan memakmurkan rakyat, akan tetapi ada juga beberapa kebijakan dalam ekomoni dimana individu diberikan kebebasan untuk berkontribusi dalam kegiatan ekonomi seperti pada sistem kapitalis, tetapi tetap semuanya mengacu pada nilai-nilai dan norma pancasila. Istilah ekonomi pancasila sendiri muncul sekitar tahun 1967 dalam artikel karya Dr. Emil Salim.  

Pembahasan

Sistem ekonomi ialah sistem perekonomian yang digunakan oleh suatu segara untuk mengatur perekonomian dan mengalokasikan sumber daya, barang dan jasa yang diproduksi ataupun didapat dari negara lain  melalui unit-unita atau lembaga ekonomi yang bersangkutan guna mencapai keteraturan di bidang ekonomi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi terkait sistem ekonomi pada link yomemimo.com/tugas/8201969

#BelajarBersamaBrainly   #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Sep 22