Sebutkan dan jelaskan secara singkat jenis - jenis pengangguran

Berikut ini adalah pertanyaan dari endangstr3735 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan dan jelaskan secara singkat jenis - jenis pengangguran

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jenis-jenis pengangguran:

  1. Setengah menganggur merupakan orang yang sebenarnya sudah memiliki pekerjaan, tetapi jam kerjanya berbeda dengan pekerja pada umumnya. Mereka hanya bekerja berdasarkan permintaan dari pemberi kerja dalam jangka yang tidak menentu. Orang yang bekerja secara part time atau freelance bisa disebut juga sebagai setengah menganggur.
  2. Pengangguran terbuka diartikan sebagai suatu situasi dimana angka ketersediaan pekerjaan lebih rendah daripada jumlah tenaga kerja. Pengangguran terbuka akan benar-benar tidak memiliki pekerjaan yang disebabkan karena menurunnya kegiatan perekonomian pada suatu waktu, pengurangan jumlah tenaga kerja karena kecanggihan teknologi, serta kemunduran atau kemerosotan industri.
  3. Pengagguran tersembunyi merupakan kondisi dimana jumlah tenaga kerja lebih banyak dari yang seharusnya diperlukan. Kelebihan jumlah tenaga kerja menyebabkan kegiatan tidak dapat berjalan dengan merata, sebagian ada yang bekerja dan sebagian ada yang tidak bekerja.
  4. Pengangguran Musiman. Biasanya orang akan bekerja sesuai dengan waktu-waktu tertentu. Apabila sedang tidak memasuki masa bekerja, mereka akan menganggur. Hal demikian disebut sebagai pengangguran musiman. Pengangguran jenis ini dapat ditemui pada mereka yang bekerja di bidang pertanian atau nelayan. Ketika memasuki masa panen, petani akan bekerja penuh waktu untuk mendapatkan hasil panen dalam jumlah yang banyak.

Pelajari lebih lanjut

Pengangguran adalah adalah penduduk yang tidak bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan. Pengangguran adalah seorang yang tergabung dalam angkatan kerja, dan ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum bisa memperolehnya.  Pengangguran tidak hanya berdampak pada bidang sosial tetapi juga ekonomi. Berbagai pihak harus saling bekerja sama bahu membahu mencari solusi bersama karena pengangguran adalah tanggung jawab bersama. Membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha bisa menjadi solusi untuk mengurangi tingginya angka pengangguran dalam masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengangguran yomemimo.com/tugas/112905

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mawarniika162 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22