Jelaskan mengenai Bank Indonesia / BRTGS

Berikut ini adalah pertanyaan dari khofialfitri1357 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan mengenai Bank Indonesia / BRTGS

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) adalah sistem transfer dana elektronik antarpeserta dalam mata uang rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual.

Pembahasan

Melancarkan sistem pembayaran merupakan salah satu tugas Bank Indonesia sebagai Bank Sentral, hal ini dikarenakan kelancaran sistem pembayaran akan memberikan pengaruh positif pada perekonomian serta rasa percaya masyarakat kepada perbankan.

Sistem BI-RTGS memberikan banyak sekali manfaat, fungsi utamanya yaitu untuk meningkatkan kepastian penyelesaian akhir (settlement finality) setiap transaksi pembayaran, dan mengurangi risiko penyelesaian akhir (minimizing settlement risk), BI RTGS dapat menjadi sarana transfer dana antar-bank yang praktis, cepat, efisien, aman dan dapat dihandalkan.

BI-RTGS ini dilengkapi dengan mekanisme sentralisasi rekening giro yang menjadi sarana yang dapat diandalkan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan dana (management fund) bagi peserta maupun pihak otoritas moneter serta perbankan. Bagi otoritas informasi mengenai pengelolaan dana perbankan menjadi informasi pendukungyangcukup penting dalam menjalankan kegiatan operasi moneter dan early warning system pengawasan bank.

BI-RTGS ini dilengkapi dengan mekanisme Gridlock Resolution. yang bertujuan untuk mencegah kemacetan (gridlock) dalam bertransaksi, kondisi dimana sejumlah peserta tidak mampu menyelesaikan kewajibannya karena masih menunggu tagihannya diselesaikan terlebih dahulu. Gridlock Resolution ini dijalankan secara otomatis pada  BI-RTGS pada setiap waktu tertentu,

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang menghitung bunga tabungan yomemimo.com/tugas/19636671

2. Materi tentang peran Bank Umum dalam Perekonomian yomemimo.com/tugas/20998253

3. Materi tentang bank umum dan lembaga asuransi yomemimo.com/tugas/20306067

----------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Bank Sentral, Sistem dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia

Kode : 10.12.4

Kata Kunci : BI, BI-RTGS.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 18 Jun 19