jelaskan pengertian administrasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari 081225047008 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan pengertian administrasi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Administrasi merupakan keseluruhan proses perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kepentingannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Unsur-unsur yang terkandung dalam administrasi adalah organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, perbekalan, ketatausahaan dan hubungan masyarakat.

Pembahasan

Dr. Sondang Siagian menyebutkan bahwa administrasi didefinisikan sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Ulbert menjelaskan bahwa administrasi dalam arti sempit adalah penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara berurut. Tujuan dari administrasi sendiri adalah untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkan kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Fungsi administrasi adalah untuk mengkoordinasi seluruh kepentingan dan tujuan dari organisasi ataupun perusahaan yang dilaksanakan agar bisa bersatu dan dapat sejalan dengan tempat dan waktu yang sama. Atas dasar tersebut administrasi memiliki peranan yang sangat penting di dalam seluruh aktivitas sebuah organisasi. Ruang lingkup adiministrasi meliputu menghimpun, mencatat, mengelola, mengirim, dan menyimpan. Unsur-unsur yang terkandung dalam administrasi adalah organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, perbekalan, ketatausahaan dan hubungan masyarakat. Adapun jenis-jenis administrasi, yaitu:

  • Administrasi Perkantoran
  • Administrasi Niaga
  • Administrasi Negara
  • Administrasi Kependudukan
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Pembangunan
  • Administrasi Pendidikan

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang manfaat admnistrasi yomemimo.com/tugas/6606149
  2. Materi tentang pihak yang menjalankan administrasi yomemimo.com/tugas/23926807
  3. Materi tentang unsur-unsur administrasi negara yomemimo.com/tugas/10481598

Detail jawaban

Kelas: X (Sepuluh)

Mapel: Ekonomi

Bab: 6

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 Dec 14