Berikut ini prinsip Bank Indonesia dalam sistem pembayaran,kecuali ....

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayulaksmi7749 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikut ini prinsip Bank Indonesia dalam sistem pembayaran,kecuali ....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Prinsip Bank Indonesia dalam sistem pembayaran ada 4 yaitu keamanan, efisiensi, kesetaraan akses dan perlindungan konsumen.

1. Aman berarti segala risiko dalam sistem pembayaran seperti risiko likuiditas, risiko kredit, risiko fraud harus dapat dikelola dan dimitigasi dengan baik oleh setiap penyelenggaraan sistem pembayaran.

2. Efisiensi menekankan bahwa penyelanggaran sistem pembayaran harus dapat digunakan secara luas sehingga biaya yang ditanggung masyarakat akan lebih murah karena meningkatnya skala ekonomi.

3. Kesetaraan akses yang mengandung arti bahwa Bank Indonesia tidak menginginkan adanya praktik monopoli pada penyelenggaraan suatu sistem yang dapat menghambat pemain lain untuk masuk.

4. Kewajiban seluruh penyelenggara sistem pembayaran untuk memperhatikan aspek-aspek perlindungan konsumen.

Penjelasan:

Sistem pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Alat yang digunakanpun beragam, mulai dari pembayaran tunai dengan uang kartal, cek, wesel, giro dan lain-lain

Contohnya :

Peristiwa transaksi kita dengan penjual onlineshop, uang kita akan berpindah ke penjual ketika kamu melakukan transaksi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ntua542 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 13 Jul 21