contoh pendapatan pajak perdagangan internasional dan cara pemungutannya

Berikut ini adalah pertanyaan dari wiwik2360 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Contoh pendapatan pajak perdagangan internasional dan cara pemungutannya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh pendapatan pajak perdagangan internasional dan cara pemungutannya adalah :

  1. Bea masuk atau pajak barang impor yaitu pajak yang dipungut atas barang yang masuk ke suatu negara.
  2. Bea keluar atau pajak barang ekspor yaitu pajak yang dipungut atas barang yang keluar atau diekspor ke suatu negara.

Pembahasan

Kegiatan perdagangan internasional tak lepas dari kegiatan ekspor dan impor barang, sedangkan kegiatan ekspor dan impor barang ini tentu akan dikenai tarif oleh pemerintah.

Tarif merupakan pajak ekspor atau impor yang dikenakan oleh suatu negara terhadap produk ekspor atau impor yang berasal dari negara lain yang dibawa ke dalam atau ke luar daerah pabean.

Memasukkan atau mengeluarkan barang dari dan atau ke luar negeri yang dikenakan terhadap suatu jenis barang tertentu atau transaksi keuangan tertentu yang tidak bersifat individual (subjektif) sehingga terjadi impor barang tertentu yang termasuk dalam kategori barang kena cukai dari luar negeri, selain itu juga dikenakan bea masuk dan juga dikenakan cukai. Sebaliknya, untuk produk dalam negeri yang dikenakan cukai apabila diekspor atau dikirim ke luar negeri dan dapat dimintakan pengembalian cukainya.

Besarnya tarif pajak maximum yang ditetapkan sebagai dasar perhitungan bea masuk yaitu 0% dan tarif pajak tertinggi 40%. Dimana penerapan besaran tarif, yaitu:

  1. Pembebasan bea masuk atau pajak masuk dan keringanan bea masuk antara 0% sampai dengan 5% dikenakan untuk bahan kebutuhan pokok seperti gula, beras, mesin-mesin dan alat-alat pertahanan.
  2. Tarif sedang antara 5% sampai dengan 20%, dikenakan untuk bahan setengah jadi dan barang-barang lainnya di mana produksi dalam negeri sudah mencukupi
  3. Tarif tinggi yaitu tarif di atas 20% dikenakan untuk barang mewah dan barang-barang lainnya yang sudah diproduksi di dalam negeri dan bukan barang kebutuhan pokok.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang hukum keunggulan komparatif yomemimo.com/tugas/16717712

2. Materi tentang Perdagangan internasional yomemimo.com/tugas/1525915

3. Materi tentang keunggulan mutlak yomemimo.com/tugas/10789154

---------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Perdagangan Internasional

Kode : 9.10.7


Kata Kunci : Perdaganan Internasional, Pajak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 Apr 19