sebutkan dan jelaskan jenis jenis muatan nilai karakter suatu benda​

Berikut ini adalah pertanyaan dari dehantania pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan dan jelaskan jenis jenis muatan nilai karakter suatu benda​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut beberapa jenis-jenis muatan nilai karakter suatu benda:

  1. Nilai fungsional. Nilai ini memiliki peranan penting untuk menyatakan suatu produk memiliki fungsi untuk dipakai dan sesuai dengan fungsi yang seharusnya. Salah satu contohnya adalah benda piring yang secara umum memiliki fungsi sebagai tempat menaruh makanan.
  2. Nilai informatif. Nilai informatif adalah sebuah nilai yang mana menyatakan suatu barang memiliki manfaat untuk memberitahukan sebuah informasi. Contohnya benda-benda dengan gambar tertentu seperti logo memiliki informasi tertentu menunjukan perusahaan.
  3. Nilai simbolik. Nilai ini memiliki peranan untuk menyatakan sebuah benda memiliki berbagai unsur simbolik untuk mengibaratkan hal-hal tertentu. Contoh umumnya yaitu patung.
  4. Nilai presitise atau wibawa. Nilai ini memancarkan benda yang memiliki kewibawaan atau keren sehingga menarik untuk dimiliki. Contohnya berbagai kerajinan kulit, jam yang menarik.

Pembahasan

Muatan nilai karakter suatu benda atau muatan nilai dalam benda adalah berbagai nilai yang mana berada di dalam benda sehingga membuat benda tersebut memiliki manfaat, berisikan informasi, menyimbolkan suatu hal hingga memberikan ketertarikan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Pengertian umum nilai kekeluargaan yomemimo.com/tugas/10606751
  2. Muatan umum nilai yang mana terkandung di produk kerajinan yomemimo.com/tugas/24755697
  3. Nilai-nilai muatan di konstitusi yomemimo.com/tugas/2843826

Detail jawaban

Kelas: 4

Mapel: Seni Budaya

Bab: Bab 7 - Mengenal Karya Kerajinan Nusantara

Kode: 4.19.7

#JadiRangkingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Jun 21