Jelaskan proses pengambilan keputusan (Teknik pengambilan keputusan kualitatif dan kuantitatif)

Berikut ini adalah pertanyaan dari Putrisanjana2182 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan proses pengambilan keputusan (Teknik pengambilan keputusan kualitatif dan kuantitatif)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Secara umum terdapat 2 proses pengambilan keputusan, yaitu secara kuantitatif dan kualitatif.

  • Proses pengambilan keputusan secara kuantitatif:
  1. Mendefinisikan masalah
  2. Mengembangkan model
  3. Mengumpulkan data
  4. Membuat solusi
  5. Menguji solusi
  6. Menganalisis hasil
  7. Mengimplementasikan hasil
  • Proses pengambilan keputusan secara kualitatif:
  1. Mencari ide (brainstorming)
  2. Teknik kelompok nominal, Kelompok bertemu dalam pertemuan masing-masing anggota menulis ide dan gagasan dalam kartu, kelompok mendiskusikan ide dan gagasan anggota
  3. Menggunakan kuisioner
  4. Menggunakan pemungutan suara

Pembahasan :

Pembuatan keputusan yaitu proses serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam penyelesaian suatu masalah. Pembuatan keputusan ini dilakukan oleh setiap jabatan dalam organisasi. Pemimpin akan membuat keputusan yang berbeda dalam situasi dan kondisi yang berbeda pula.

Secara umum, terdapat dua pendekatan dalam pengambilan keputusan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif mengandalkan penilaian subyektif terhadap suatu masalah, sedangkan pendekatan kuantitatif mendasarkan keputusan pada penilaian obyektif yang didasarkan pada model matematika yang dibuat.

Namun, jika ramalan didasarkan pada model matematika, maka pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Keputusan penerimaan karyawan berdasar nilai tes masuk adalah contoh lain pendekatan kuantitatif, sedang jika didasarkan pada hasil wawancara untuk mengetahui kepribadian dan motivasi maka pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif.

Umumnya pendekatan kuantitatif dalam pengambilan keputusan yang menggunakan model-model matematika. Matematika sudah ditemukan oleh manusia ribuan tahun yang lalu dan telah bayak digunakan dalam banyak aplikasi. Salah satu aplikasi matematika adalah untuk pengambilan keputusan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kepemimpinan pada kewirausahaan : yomemimo.com/tugas/15499469

#BelajarBersama#Brainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22