Apa yang dimaksud dengan pengangguran terbuka, sebutkan dan jelaskan secara

Berikut ini adalah pertanyaan dari srirahayulestar4792 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang dimaksud dengan pengangguran terbuka, sebutkan dan jelaskan secara singkat jenis - jenis pengangguran

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengangguran terbuka adalah seorang pengangguran yang memiliki keinginan untuk bekerja dan orang tersebut berpendidikan tetapi belum bisa menemukan atau mendapatkan pekerjaan.

Pembahasan:

Pengangguran adalah seseorang yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran terjadi karena ketidakseimbangan antara laju pertumbuhan penduduk dengan lapangan pekerjaan yang tersedia di lapangan. Pengangguran dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Pengangguran Frisksional, pengangguran ini terjadi misal seseorang yang sudah mempunyai pekerjaan ingin berhenti bekerja karena ingin mendapatkan pekerjaan lain yang menurutnya lebih layak. Pengangguran ini normal terjadi dan hanya bersifat sementara.

2. Pengangguran Struktural merupakan pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan struktur ekonomi pada suatu negara.

3. Pengangguran siklikal, yaitu pengangguran yang terjadi karena perkonomian sebuah negara yang mengalami naik dan turun.

4. Pengangguran teknologi, yaitu pengangguran yang diakibatkan karena sebuah teknologi yang menggantikan pekerjaan orang.

5. Pengangguran terbuka, yaitu seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan sama sekali atau sedang mencari pekerjaan, mereka tidak memiliki pekerjaan karena berbagai alasan, misalnya karena lapangan pekerjaan yang tidak ada.

6. Pengangguran terselubung yaitu seseorang yang terpaksa bekerja di suatu bidang yang bukan merupakan keahliannya.

7. Pengangguran Musiman yaitu seseorang yang pekerjaannya mengandalkan musim. Contoh petani yang akan menganggur jika selesai masa panen.

8. Pengangguran setengah menganggur yaitu pengangguran yang terjadi lantaran seseorang yang sangat kurang jika dilihat dari upah, jam kerja, produktivitas, serta jenis pekerjaan yang sangat rendah.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis pengangguran pada yomemimo.com/tugas/252734

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22